Pemerintah diminta giatkan sosialisasi pentingnya hak pilih

id dprd palangka raya, sigit widodo, pilkada palangkaraya 2024, hak pilih, golput

Pemerintah diminta giatkan sosialisasi pentingnya hak pilih

Ilustrasi- Petugas membawa logistik Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc. (.)

Palangka Raya (ANTARA) -
Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta pemerintah kota menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menggunakan hak pilih pada pelaksanaan Pilkada 2024.
 
"Hal ini tentu dilakukan untuk mendukung dan mewujudkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang sukses, sehingga nantinya dapat menciptakan pemimpin yang berkualitas," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Dirinya menjelaskan, pemerintah dapat melibatkan para camat dan lurah untuk memasifkan sosialisasi pentingnya menggunakan hak pilih, agar masyarakat tidak masuk dalam kategori golongan putih atau golput.
 
Hal tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan rutin, seperti PKK, rapat di kecamatan atau kelurahan setempat, hingga pertemuan lingkup RT/RW.
 
"Dalam kegiatan-kegiatan seperti itu bisa disisipkan dengan sosialisasi maupun anjuran kepada masyarakat mengenai pentingnya para warga menggunakan hak pilih mereka," ucapnya.

Baca juga: Tim Pemenangan Willy-Habib bergerak militan menangkan Pilkada 2024
 
Sigit juga menjelaskan, satu suara dinilai sangat krusial dalam menentukan bagaimana nasib Kota Palangka Raya dalam lima tahun ke depan.
 
Untuk itu, pemilihan kepala daerah harus menjadi perhatian seksama oleh seluruh lapisan, terkhususnya masyarakat setempat agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan sukses.
 
“Diharapkan kepada seluruh perangkat seperti camat, lurah, dan Ketua RT/RW agar dapat aktif bersinergi, dalam mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai betapa pentingnya menyalurkan hak pilih. Jangan sampai memutuskan untuk mengambil opsi golput,” ujarnya.
 
Politisi PDI Perjuangan ini juga mengatakan, pemilihan kepala daerah merupakan bagian dari momentum perayaan demokrasi, sehingga sudah seharusnya seluruh lapisan termasuk masyarakat untuk saling bersinergi dalam menyukseskan pelaksanaannya.
 
Untuk itu dirinya juga mendorong kepada para penyelenggara pilkada untuk dapat menjalankan tugas dengan maksimal, penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi prinsip keadilan, sebab para penyelenggara pemilihan daerah merupakan wadah utama dari titik netralitas tersebut.

Baca juga: Difasilitasi KPU, Tim Pemenangan paslon Pilkada Palangka Raya bisa tambah pemasangan APK

Baca juga: Pj Bupati Lamandau ajak masyarakat sukseskan Pilkada 2024

Baca juga: Polda Kalteng kerahkan 998 personel amankan kampanye Pilkada 2024