Rudini-Paisal janjikan pinjaman tanpa agunan untuk Gen-Z

id Rudini-Paisal janjikan pinjaman tanpa agunan untuk Gen-Z, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, pilkada kotim, Rudini, Rudini-Paisal, politik

Rudini-Paisal janjikan pinjaman tanpa agunan untuk Gen-Z

Paslon bupati dan wakil bupati Kotim Rudini-Paisal usai pengundian nomor urut di KPU Kotim, Senin (23/9/2024). ANTARA/Devita Maulina

Sampit (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Muhammad Rudini Darwan Ali dan Paisal Damarsing menjanjikan program pinjaman tanpa agunan bagi warga Kotim, terutama generasi muda apabila mereka terpilih menjadi pemimpin daerah kedepannya.

“Memang itu sudah masuk dalam program kami, yakni pinjaman tanpa agunan untuk generasi muda khususnya generasi Z (Gen-Z) dengan besaran yang nantinya akan dibahas lebih lanjut,” kata Paisal di Sampit, Selasa.

Program pinjaman tanpa agunan atau dikenal juga sebagai kredit tanpa jaminan merupakan program yang disiapkan Rudini-Paisal untuk menjawab aspirasi dari generasi muda terkait kendala permodalan untuk wirausaha.

Dalam rangka mewujudkan visi Kotim Maju, Berdaya Saing, Religius, Cerdas, Kreatif, Harmonis dan Nyaman, paslon dengan nomor urut tiga ini telah menyusun kurang lebih 25 program unggulan, di antaranya tentang maju bersama dan ekonomi sejahtera bagi Gen-Z.

Paisal menjelaskan, sesuai dengan program itu pihaknya mencoba menggali sebanyak-banyaknya aspirasi dari Gen-Z selaku generasi muda masa kini tentang program yang dirasa akan membantu dan sesuai dengan harapan mereka.

Satu dari banyaknya aspirasi yang disampaikan adalah terkait kekhawatiran akan kurangnya lapangan pekerjaan, sementara untuk berwirausaha belum memiliki modal yang cukup.

“Mungkin ini bisa menjadi salah satu jawaban dari harapan Gen-Z, dengan memberikan program bantuan permodalan untuk UMKM atau Gen-Z dengan pinjaman tanpa agunan,” ujarnya.

Baca juga: Kopdar bareng Gen-Z, Rudini-Paisal siap penuhi tantangan kawula muda

Ia melanjutkan, mekanisme program pinjaman tanpa agunan ini nantinya akan dipermudah bagi Gen-Z yang mungkin selama ini terkendala dalam mengajukan pinjaman karena kendala usia dan sebagainya.

Program ini diutamakan bagi Gen-Z yang melakukan usaha ekonomi kreatif atau UMKM. Adapun, untuk besaran pinjamannya akan dibahas lebih lanjut bersama dinas terkait apabila Rudini-Paisal terpilih memimpin Kotim kedepannya.

Melalui program ini pula diharapkan bisa memotivasi generasi muda Kotim untuk mau berwirausaha dan tidak hanya berorientasi menjadi karyawan perusahaan maupun pemerintahan yang persaingannya dari tahun ke tahun semakin ketat, sedangkan di sisi lain masih banyak peluang usaha yang bisa dikembangkan.

“Kami juga berharap program ini bisa memotivasi generasi muda kita agar tidak berhenti berjuang, biarpun mengalami kegagalan masih ada peluang untuk meneruskan,” ujarnya.

Sebagai paslon termuda di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotim 2024, Rudini-Paisal memang memberikan perhatian lebih bagi para generasi muda yang merupakan aset berharga bagi masa depan bangsa, khususnya Kotim.

Dengan program-program yang juga berpihak kepada generasi muda diharapkan bisa memotivasi agar terus meningkatkan potensi, daya saing dan produktivitas diri, sehingga terhindar dari hal-hal negatif, seperti narkoba yang bisa merusak masa depan.

“Jangan pernah mencoba yang namanya narkoba, karena sekali mencoba dampaknya bisa sangat luas. Sebagai generasi muda Kotim mari kita kobarkan semangat untuk bersama-sama membawa daerah ini lebih maju dan lebih baik lagi,” demikian Paisal.

Baca juga: Rudini-Paisal diharapkan bisa atasi kendala permodalan pengusaha muda

Baca juga: Pelaku UMKM harap Rudini-Paisal bawa solusi masalah pemasaran

Baca juga: Rudini-Paisal komitmen majukan sektor pariwisata Kotim