Tingkatkan kompetensi, Pemkab Barut gelar pelatihan kewirausahaan koperasi

id pelatihan kewirausahaan koperasi barito utara,pelatihan kewirausahaan koperasi,koperasi,barut,barito utara,kalteng

Tingkatkan kompetensi, Pemkab Barut gelar pelatihan kewirausahaan koperasi

Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur menyerahkan materi pelatihan kepada perwakilan peserta usai pembukaan di Muara Teweh, Selasa (22/10/2024). (ANTARA/HO-Disnakertranskop UKM Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melaksanakan pelatihan kewirausahaan koperasi bagi pengurus dan pengelola koperasi di daerah setempat guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia mengelola koperasi.

"Pengelolaan dan pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat harus diorganisir dengan baik, sehingga betul-betul memberikan dampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara M Mastur di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, khususnya pasal 33, diantaranya pasal 33 ayat 1 berbunyi “perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan“ dengan penjelasan antara lain menyatakan,  kemakmuran masyarakat yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang, dan bangun perusahaan yang sesuai dengan itu adalah Koperasi. 

"Dalam hal ini, pasal 33 UUD 1945 menempatkan koperasi dalam kedudukannya sebagai sokoguru perekonomian nasional, atau bagian integral tata perekonomian nasional," katanya.

Dia mengatakan, pengelolaan sumber daya ekonomi masyarakat, selaras dengan salah satu misi Kabupaten Barito Utara, yaitu peningkatan ekonomi masyarakat, maka pengelolaan dan pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat harus diorganisir dengan baik, diantaranya melalui wadah badan usaha koperasi, terkait hal ini harus didukung dengan  kualitas sumber daya manusia  para pengelola koperasi. 

“Terkhusus di Barito Utara, terus kita upayakan melalui program dan kegiatan, diantaranya melalui kegiatan sosialisasi, pelatihan dan bimbingan teknis bagi pengurus, pengawas, pengelola dan anggota koperasi, termasuk pemangku kepentingan, pemuda, wanita dan masyarakat  peduli koperasi,” kata dia.

Mastur mengatakan begitu juga pada hari ini akan dilaksanakan pembukaan pelatihan kewirausahaan koperasi, dengan harapan agar para pengelola koperasi memiliki pengetahuan, wawasan, keterampilan dan kompetensi dalam mengelola koperasinya masing-masing, terutama dimilikinya jiwa wirausaha koperasi.

Diharapkan, kata dia, koperasi dapat dikelola secara profesional, terutama dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis koperasi yang inovatif dan kreatif selaras dengan perkembangan dunia usaha, kebutuhan anggota dan masyarakat konsumen, termasuk strategi penciptaan produk, penciptaan peluang pasar dan pemasarannya.

"Sehingga pelayanan lebih optimal dan memberikan dampak manfaat kepada anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya,” kata Mastur.

Dia menyatakan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan terhadap koperasi, salah satu kendala dan permasalahan pengelolaan koperasi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya adalah tidak atau kurang dimilikinya jiwa wirausaha koperasi.

Padahal, menurut dia, dalam pengelolaan koperasi sangat diperlukan dan dibutuhkan apa yang dinamakan dengan jiwa wirausaha koperasi. 

“Terkait dengan hal itu saya selaku kepala dinas mengimbau kepada seluruh gerakan koperasi mari ciptakan dan tumbuhkan jiwa wirausaha koperasi, terus tingkatkan produktivitas dan daya saing koperasi agar koperasi dapat dikelola secara profesional, maju dan bermanfaat,” kata Mastur. 

Dia menambahkan, dalam upaya optimalisasi pelaksanaan program dan kegiatan pemberdayaan dan pengembangan koperasi di Kabupaten Barito Utara, sangat diharapkan adanya komitmen, sinkronisasi. sinergisitas dan kolaborasi stakeholder terkait, karena dengan itu semua kita yakin koperasi-koperasi di daerah ini akan maju dan bermanfaat dalam peningkatan ekonomi masyarakat, penciptaan lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Barito Utara.

“Kami harapkan agar pengurus dan pengelola koperasi di Barito Utara memiliki pengetahuan, keterampilan dan kompetensi dalam mengelola koperasi, terkhusus agar pengurus dan pengelola koperasi memiliki jiwa wira usaha Koperasi," demikian Mastur