Disdik Palangka Raya gelar lokakarya perencanaan berbasis data

id Disdik Kota Palangka Raya,Lokakarya,Sekolah Penggerak,Palangka Raya,Kalteng,Aprae Vico Ranan

Disdik Palangka Raya gelar lokakarya perencanaan berbasis data

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan saat menggelar perencanaan berbasis teknologi dalam program Sekolah Penggerak, beberapa waktu lalu. ANTARA/Disdik Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menggelar lokakarya perencanaan berbasis teknologi dalam program sekolah penggerak dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Kamis, mengatakan program tersebut untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat mendukung pengembangan kompetensi siswa dan guru.

"Acara tersebut dilaksanakan pada Hari Selasa 22 Oktober 2024 yang dilaksanakan Gedung Diklat BPSDM Kalteng, para peserta diberikan pelatihan mengenai penggunaan berbagai alat teknologi, seperti aplikasi pembelajaran dan platform digital," kata Vico.

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta warga segera laporkan jika menemukan pungli

Dia menuturkan, mengadakan pelatihan bagi sekolah penggerak untuk meningkatkan kemampuan dalam mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyimpan data berbasis digital.

Pelatihan ini bertujuan agar para pendidik dan staf sekolah dapat memanfaatkan data secara efektif untuk mendukung proses pembelajaran dan pengambilan keputusan.

Peserta pelatihan diajarkan tentang berbagai teknik pengolahan data, termasuk penggunaan perangkat lunak dan aplikasi yang relevan. Dengan kemampuan ini, diharapkan sekolah dapat menganalisis data akademik dan non-akademik, sehingga dapat merumuskan strategi peningkatan mutu pendidikan yang lebih tepat sasaran.

Baca juga: Peserta didik di Kota Palangka Raya diminta waspadai wabah saat musim hujan

"Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memperkuat sistem pendidikan di Indonesia, menjadikan sekolah lebih responsif terhadap kebutuhan siswa, serta memanfaatkan teknologi untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Maka itu, giat itu Tentang Perencanaan Berbasis Data dan narasumbernya dari Balai Guru Penggerak," bebernya.

Orang nomor dua di lingkup Disdik Palangka Raya itu menambahkan, pihaknya menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.

Melalui berbagai program dan inisiatif, Disdik berupaya memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan abad 21.

Baca juga: Satuan Pendidikan di Palangka Raya diminta jaga fasilitas sekolah

Salah satu langkah yang diambil adalah pelaksanaan pelatihan untuk guru dan tenaga pendidik, yang bertujuan meningkatkan metode pengajaran serta pemahaman terhadap kurikulum terbaru.

"Selain itu, Disdik juga fokus pada pengembangan fasilitas dan sarana belajar yang memadai, serta integrasi teknologi dalam proses pembelajaran," demikian Vico.

Baca juga: Disdik Palangka Raya sediakan nomor layanan terkait dunia pendidikan

Baca juga: Disdik Kota Palangka Raya gelar pemilihan guru dan kepsek berprestasi

Baca juga: Program Police Goes to School bermanfaat bagi pelajar Palangka Raya