Kepesertaan BPJS Kesehatan Palangka Raya Baru 41,36 Persen

id Palangka Raya, Fitria Nurlaila Pulukadang, BPJS Palangka Raya, JKN, Kepesertaan BPJS Kesehatan Palangka Raya Baru 41,36 Persen

Kepesertaan BPJS Kesehatan Palangka Raya Baru 41,36 Persen

Kepala BPJS Palangka Raya, Fitria Nurlaila Pulukadang (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palanga Raya (Antara Kalteng) - Kepala Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palangka Raya, Fitria Nurlaila Pulukadang mengatakan jumlah kepesertaan di wilayah kerjanya mencapai 41,36 persen dari seluruh penduduk di wilayah kerjanya.

"Cakupan Kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah kerja Palangka Raya sampai November 2016 tercatat sebanyak 524.271 jiwa atau 41,36 persen dari total penduduk yang mencapai 1.267.556 jiwa," katanya di Palangka Raya, Senin.

Sementara itu, kata Fitria, jumlah penduduk di lima wilayah tersebut yang belum menjadi peserta adalah sebanyak 743.285 jiwa atau sebanyak 58,64 persen.

Dia menerangkan, wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang "Kota Cantik" ini mencakup lima wilayah yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Katingan, Kapuas dan Kabupaten Gunung Mas.

Guna mempermudah pelayanan pembayaran masyarakat yang telah menjadi peserta jaminan kesehatan di wilayahnya, pihaknya pun telah bekerjasama dengan berbagai pihak dengan membuka sekira 354 loket pembayaran.

Pembayaran oleh para peserta itu dapat dilakukan melalui berbagai jenis transaksi di Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Selain itu juga dapat dilakukan di melalui Payment Point Online Bank (PPOB) atau loket-loket pembayaran bertanda khusus.

"Hingga saat ini kerja sama `channel` pembayaran sudah terjalin antara BPJS Kesehatan dengan PT Pos Indonesia, Pegadaian, Alfamart, Indomaret, Fastpay dan Apotek K-24, Circle K dan loket-loket pembayaran bertanda khusus," katanya.

Dia pun berharap seluruh mitra kerja dapat mengoptimalkan pembayaran iuran peserta JKN KIS, khususnya kepada Bank Mitra dan Channel-channel pembayaran iuran dapat melayani dengan baik peserta yang akan membayar iuran setiap bulannya.