Wabup Barut Lepas Jalan Sehat Pemilu Jurdil

id Wabup Barut Lepas Jalan Sehat Pemilu Jurdil

Apalagi Kabupaten Barito Utara akan menggelar Pilkada pada 5 Juni 2013. Jadi, kegiatan ini sebagai upaya masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pilkada nanti,"
Muara Teweh, 7/4 (ANTARA) - Wakil Bupati Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Oemar Zaki Hebanoeddin melepas peserta jalan sehat bertema "Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil" menjelang Pemilu 2014.

Jalan sehat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat itu diikuti ratusan peserta dari berbagai partai politik dan masyarakat dimulai dari stadion Swakarya Muara Teweh, Minggu.

Ketua KPU Barito Utara (Barut) Rututman mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan partisifasi aktif masyarakat untuk mendukung terselenggaranya Pemilu yang jujur dan adil di Kabupaten Barut pada tahun 2014.

Selain itu untuk menyatukan komitmen peserta dan penyelenggaraan, dukungan pemerintah serta stakeholder terkait untuk mewujudkan pemilu yang jujur dan adil.

"Apalagi Kabupaten Barito Utara akan menggelar Pilkada pada 5 Juni 2013. Jadi, kegiatan ini sebagai upaya masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pilkada nanti," katanya.

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Barito Utara untuk memilih pemimpin daerah. Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif sebagai pemilih, tidak golongan putih (golput) dan ikut menjaga kamtibmas agar kabupaten di pedalaman Sungai Barito ini aman dan kondusif.

Pemilu ini sebagai jalan untuk menunjukkan demokrasi yang sehat dan dinamis di Kabupaten Barut dalam rangka mencari pemimpin-pemimpin yang mampu membawa daerah ini lebih maju dan sejahtera dimasa masa yang akan datang.

"Kami mengharapkan dalam kegiatan ini menjadi media mengajak masyarakat untuk menyukseskan pemilu dan pilkada bupati dan wakil bupati kabupaten tersebut," katanya.

Pilkada diikuti delapan pasangan calon bupati yang mendaftar dan kini sedang perbaikan persyaratan. KPU akan mengumumkan calon kepala daerah pada 11-17 April 2013 dan sekaligus penetapan nomor urut pasangan pada 20-23 April 2013.




(T.K009/B/Z002/Z002)