Dinkes Barsel Periksa Sejumlah Depot Air Minum

id Dinkes Barsel Periksa Sejumlah Depot Air Minum

Dinkes Barsel Periksa Sejumlah Depot Air Minum

Ilustrasi, depot air isi ulang. (istimewa)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah depot air minum isi ulang di wilayah tersebut.

"Kita telah memeriksa 31 sampel depot air minum isi ulang dan 30 titik sampel instalasi PDAM Barsel," kata Kepala Dinkes Barsel, Drg Daryomo Sukiastono, M Kes, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan secara rutin setiap triwulan dan tujuannnya untuk mengetahui apakah depot air minum isi ulang maupun kualitas air PDAM sudah memenuhi standart baku mutu air.

"Sampel pemeriksaan ini telah kita kirimkan ke Labkesda Kalteng untuk diperiksa secara mikrobiologis (MPN Coliform dan E.Coli) dan saat ini kita masih menungu hasilnya," jelas Daryomo Sukistono.

Menurut dia, apabila hasil pemeriksaan nantinya ditemukan ada yang tidak memenuhi standar baku mutu air, maka pihaknya meminta PDAM maupun pengelola depot air minum isi ulang memperbaiki instalasinya.

Karena lanjutnya, yang harus dilakukan oleh pengelola depot air minum isi ulang itu harus memeriksa dan membersihkan secara rutin filter dan tempat pengolahan air minumnya secara rutin agar hygienis dan aman untuk dikonsumsi.

"Begitu juga dengan tempat penampungan air bahan bakunya juga harus bebas dari pencemaran, sedangkan untuk jarak tempat pengolahan dari WC minimal berjarak 10 meter," jelasnya.

Di samping itu kata dia, di sekitar sumber air baku serta tempat penampungan air minum atau tandonnya juga harus hygienis dan wajib diperiksa serta dibersihkan satu bulan sekali.