BPKBPP Barut Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

id BPKBPP Barut Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

BPKBPP Barut Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Barito Utara, Melpadona membuka kegiatan sosialisasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan dan pengembangan potensi diri kaum perempuan bagi organisasi perempuan tahun 2015, di Muara Teweh

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menyosialisasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan dan pengembangan potensi diri kaum perempuan bagi organisasi perempuan tahun 2015 di Muara Teweh, Senin.

Dalam kegiatan tersebut BKBPP Barito Utara (Barut) menghadirkan narasumber Kepala Bidang Data Gender Dalam Hukum Deputi Pengarusutamaan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perlindungan Anak, Endang Sri Kawuryan.

"Paradigma baru dalam pembangunan pada hakekatnya adalah pembangunan yang berwawasan gender dalam semua aspek kehidupan, yang menekankan prinsip hubungan kemitraan dan keharmonisan antara laki-laki dan perempuan yang dilandasi sikap saling menghormati, saling menghargai, saling membantu dan saling mengisi secara bersama-sama sesuai kodrat dan martabatnya," kata BKBPP Barito Utara Melpadona saat membuka kegiatan itu.

Di mengatakan, mengacu pada instruksi Presiden RI No.9/2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional, bertujuan terselenggaranta perencanaan, penyusunan pelaksanaan.

Dia samping itu pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dan program pembangunan nasional yang berperspektif gender dalam rangka mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sangat jelas peran aktif perempuan yang tergabung dalam sebuah keluarga yang merupakan unit kecil dari sistem sosial kemasyarakatan, kualitas hidup suatu masyarakat, bangsa dan negara sangatlah ditentukan oleh kualitas ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dengan demikian perempuan sangat berpotensi dalam meraih prestasi yang dapat diwujudkan melalui wadah organisasi perempuan," katanya.

Dia mengatakan, melalui sosialisasi pengarusutamaan gender dalam pembangunan dan pengembangan potensi diri kaum perempuan bagi organisasi perempuan Kabupaten Barito Utara.

"Diharapkan organisasi perempuan dapat mengenali dan memahami keberadaannya untuk berperan aktif dalam pembangunan yang berwawasan gender dalam semua aspek kehidupan," ujarnya.

Ketua panitia kegiatan Siti Patimah mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan pembangunan yang berwawasan gender dalam semua aspek kehidupan yang menekankan prinsip hubungan kemitraan dan keharmonisan antara laki-laki dan perempuan.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 150 orang yang bterdiri dari ketua dan pengurus organisasi perempuan di wilayah Barito Utara, tim penggerak PKK, dharma wanita persatuan, dharma wanita persatuan SKPD dan tim penggerak PKK Kecamatan Teweh Tengah dan Kelurahan," jelas dia.