Perayaan Natal Di Palangka Raya Kondusif

id perayaan natal di palangka raya, GKE Sion Palangka Raya, Gereja YHS Palangka Raya

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Perayaan Natal bagi umat Nasrani yang dilaksanakan di sejumlah wilayah di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berlangsung aman, lancar dan khidmat.

Berdasarkan pantauan di Gereja Paroki Santa Maria, Katedral Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut, Kota setempat pada Jumat, meski jemaat membludag hingga ke halaman gereja, mereka terlihat khidmat mendengarkan ceramah tentang makna perayaan natal oleh pendeta.

"Natal ialah momen yang paling tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat sehingga dapat bersama-sama saling berbagi kasih," kata Stefanus, salah satu jemaat seusai beribadah di gereja tersebut.

Dia mengatakan, perayaan Natal bagi umat Kristiani memberikan penguatan iman untuk mencintai ajaran Yesus Kristus dalam kehidupan setiap keluarga pengikut Yesus Kristus.

Di gereja lain seperti GKE Sion Palangka Raya dan Gereja YHS Palangka Raya jamaah juga terlihat memadati tempat ibadah tersebut, bahkan sebagian jemaah harus parkir di bahu jalan karena area yang disediakan tidak mampu menampung kendaraan.

"Jemaah pada pagi ini membludag. Meski demikian kami bersyukur seluruh rangkaian ibadah yang kami laksanakan dalam perayaan Natal tahun ini berjalan aman dan lancar. Hal ini karena saya melihat bahwa kerukunan dan toleransi antar umat beragama di sini sangat baik," kata Robertinus, jemaah lainnya.

Selain tingkat toleransi dan kerukunan antar umat beragama yang berjalan baik, tingkat keamanan perayaan Natal semakin maksimal karena sejumlah aparat keamanan melakukan penjagaan pada tempat-tempat ibadah.

Bahkan, untuk mengantisipasi dari hal-hal yang tidak diinginkan, di sejumlah gereja terlihat aparat keamanan dilengkapi dengan senjata lengkap.