Wabup Sukamara Minta PMI Agar Koordinasi Intensif Dengan Jejaringnya

id sukamra, wabup sukamara, PMI sukamara, PMI

Wabup Sukamara Minta PMI Agar Koordinasi Intensif Dengan Jejaringnya

Wakil Sukamara H windu Subagio, Ketua PMI Kalteng Nason Taway dan pengurusbaru PMI Kabupaten Sukamara seusai pelantikan pada Senin (7/11/2017). (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara H Windu Subagio mengatakan Palang Merah Indonesia merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang dilandasi rasa kemanusiaan untuk saling tolong-menolong dalam penderitaan tanpa membedakan agama, suku, bangsa, golongan, warna kulit, jenis kelamin, bahasa dan pandangan politik.

"PMI merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan yang dilandasi tolong menolong, dimana dalam memeberikan pertolongan tidak membedakan apakah itu agama, suku warna kulit, baha maupun golongan," kata Windu saat menghadiri pelantikan para pengurus PMI Kabupaten Sukamara masa bakti 2016-2021 di Sukamara, Senin (7/11).

Menurutnya, PMI merupakan sebuah kekuatan untuk menggalang semangat berkarya dalam kegiatan pelayanan kemanusiaan, kebersamaan untuk mendorong dan memberdayakan masyarakat rentan agar lebih mampu dalam penyelamatan hidup dan peningkatan kesejahteraan. 

Dalam membangun rasa kebersamaan tersebut tentu bukan proses yang singkat dan mudah dalam mengembangkan kapasitas organisasi PMI dan jejaringnya yang tersebar di wilayah indonesia, khususnya di kabupaten sukamara. Dan hal tersebut merupakan tantangan semua untuk menjalankan peran dalam mengemban misi kemanusiaan dengan tetap mengacu pada kaidah tujuh prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional

"Ada tujuh prinsip dalam gerakan PMI dalam mengemban misi kemanusian seperti prinsip kemanusian, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan prinsip kesemestaan," ucap Windu.

Oleh karena itu, bagi para pengurus PMI Sukamara agar senantiasa melakukan komunikasi dan koordinasi yang intensif terhadap jejaring PMI, khususnya  dengan para pengurus PMI Provinsi Kalimantan Tengah demi kemajuan dan kejayaan PMI di Bumi Gawi Barinjam ini.

"Dengan telah dilantiknya kepengurusan ini, saya berharap agar para pengurus PMI Kabupaten Sukamara, dalam menyusun rencana, program dan kebijakan serta semua aktivitasnya, harus dapat dilaksanakan dengan melibatkan elemen-elemen masyarakat, sehingga semakin menguatkan motivasi dan dedikasi kita semua dalam rangka mendorong dan mengemban tugas-tugas kemanusiaan yang lebih baik," Pinta Windu.

"Saya juga berharap kepada PMI Kabupaten Sukamara agar pada awal tahun 2017 nanti sudah dapat membentuk kepengurusan PMI tingkat kecamatan di Kabupaten Sukamara,  serta membentuk palang merah remaja di setiap sekolah-sekolah," tambahnya.