Wabup Gumas: Pembinaan petani dilakukan berkelanjutan

id pemkab gunung mas, wabup efrensia lp umbing, pertanian berkelanjutan, petani, kuala kurun, gumas

Wabup Gumas: Pembinaan petani dilakukan berkelanjutan

Foto Arsip - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong (kanan), Wakil Bupati Efrensia LP Umbing (tengah), dan lainnya saat panen cabai rawit di Desa Tumbang Sepan Kecamatan Manuhing, Oktober 2023. (ANTARA/HO-Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah secara berkelanjutan melakukan pembinaan dalam rangka memelihara semangat para petani yang ada di seluruh sub sektor pertanian.
 
Sub sektor pertanian yang dimaksud di sini baik itu tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan, ucap Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Senin.
 
“Pembinaan terhadap para petani tadi tentunya dilakukan dengan tetap mempertimbangkan keberlanjutan dan juga jaminan pasar,” sambung perempuan pertama yang menjadi Wakil Bupati Gunung Mas itu.
 
Pemkab Gunung Mas, tutur dia, telah melakukan pembinaan terhadap sejumlah petani, seperti petani cabai rawit di Desa Tumbang Sepan Kecamatan Manuhing, dan pembinaan petani padi sawah di Kecamatan Tewah.

Baca juga: Berikut penjelasan turunnya target PAD Gunung Mas 2023
 
Kemudian pembinaan petani P2L di Kelurahan Kampuri, Desa Rangan Tate, dan Desa Dahian Tambuk di Kecamatan Mihing Raya, di Desa Teluk Nyatu Kecamatan Kurun, dan beberapa lainnya.
 
Selanjutnya pembinaan petani hortikultura di Desa Fajar Harapan Kecamatan Manuhing, pembinaan petani melon di Demplot Peternakan Desa Tumbang Tambirah Kecamatan Kurun, pembinaan petani kopi di Desa Tumbang Jutuh Kecamatan Rungan.
 
Lebih lanjut, jumlah petani di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ mengalami kenaikan pada 2023. Hal itu berdasarkan data pada Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN).
 
“Berdasarkan data pada SIMLUHTAN, jumlah petani di Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2022 sebanyak 166 orang dan di tahun 2023 jumlah petani kita meningkat menjadi sebanyak 248 orang,” terangnya.
 
Sebelumnya, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Gunung Mas Untung Jaya Bangas, saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Selasa (16/4), menyoroti salah satu program unggulan pemkab yakni smart agro.
 
Dia menilai program smart agro masih terfokus di satu bidang saja yakni tanaman jagung dan tidak merata di seluruh Gunung Mas.
 
“Kemudian kami juga menyoroti tidak adanya komoditi unggulan di Gunung Mas sesuai dengan kewilayahan, tidak ada peningkatan jumlah petani, pekebun, peternakan dan perikanan dari tahun sebelumnya,” demikian Untung.

Baca juga: Yepta Diharja daftar bacalon Bupati Gunung Mas melalui Gerindra

Baca juga: Wabup Gunung Mas soroti rendahnya serapan anggaran triwulan I

Baca juga: Arus lalu lintas dialihkan saat perbaikan Jembatan Sei Rawi II