SMAN-4 Wakili Kalteng di Musikalisasi Tingkat Nasional

id balai bahasa, SMAN-4 Wakili Kalteng di Musikalisasi Tingkat Nasional

SMAN-4 Wakili Kalteng di Musikalisasi Tingkat Nasional

Kepala Balai Bahasa Kalteng Haruddin (tengah) bersama para pemenang musikalisasi puisi tingkat SMA se-Kalteng, Palangka Raya, Rabu (20/9/17). (Istimewa)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah Haruddin memastikan SMA Negeri 4 Kota Palangka Raya akan mewakili Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini di kompetisi musikalisasi puisi tingkat nasional yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Terpilihnya SMAN 4 ini setelah Dewan Juri memberikan penilaian sebagai yang terbaik mengungguli 17 grup lain yang berkompetisi di musikalisasi puisi tingkat Provinsi, kata Haruddin usai menyerahkan piala bagi para pemenang di Palangka Raya, Kamis

"Kita memang melihat semua peserta dalam menampilkan musikalisasi puisi benar-benar memukai, tapi memang dari SMAN 4 Kota Palangka Raya lebih baik. Kita berharap SMAN 4 nantinya bisa kembali menjadi yang terbaik di musikalisasi puisi tingkat nasional," ucapnya.

Pemenang musikalisasi puisi tingkat Provinsi yang diselenggarakan Balai Bahasa Kalteng yakni, SMAN 4 Palangka Raya, disusul SMAN 1 Palangka Raya di posisi kedua, SMAN 2 Palangka Raya ketiga, SMAN 1 Sampit keempat, SMAN 2 Kahayan Tengah kelima dan SMA N 1 Sanaman Mantikei keenam.

Haruddin mengatakan demi mendapatkan penampilan musikalisasi puisi yang terbaik, panitia pelaksana menghadirkan Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Agus Prasetya sebagai dewan juri bersama Noorhadi dan Elis Setiati dari Balai Bahasa Kalteng.

"Penilaian oleh Dewan Juri pasti objektif, karena yang terpilih menampilkan musikalisasi puisi terbaik akan mewakili Provinsi Kalteng untuk kembali berkompetisi di tingkat nasional," tegasnya.

Balai Bahasa Kalteng terus berupaya membentuk dan memperkuat karakter generasi muda di Kalteng agar lebih peka terhadap kondisi sosial masyarakat dan semakin mencintai sastra serta bahasa Indonesia.

Selain menyelenggarakan musikalisasi puisi, Balai Bahasa Kalteng dalam waktu dekat juga akan menyelenggarakan lomba menulis puisi, menulis surat Kepada Gubernur, menulis cerpen dan apresiasi puisi.

"Kita berharap berbagai kegiatan yang akan kita lakukan ini mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya pihak sekolah mengutus anak didiknya," demikian Haruddin.