Pemkot Diminta Segera Antisipasi Lonjakan Harga Barang Menjelang Natal

id DPRD Palangka Raya, Palangka Raya, Natal

Pemkot Diminta Segera Antisipasi Lonjakan Harga Barang Menjelang Natal

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusliansyah (FOTO ANTARA Kalteng/Rachmat Hidayat)

Palangka Raya, (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Rusliansyah meminta pemerintah kota bersama tim penanggulangan inflasi daerah (TPID) mengintensifkan upaya antisipasi lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Biasanya setiap menjelang perayaan hari besar termasuk Natal dan Tahun Baru harga sejumlah barang melonjak. Ini yang harus segera diantisipasi pemerintah kota dan TPID kota," kata Rusli di Palangka Raya, Jumat.

Permintaan kebutuhan pokok biasanya meningkat saat perayaan hari besar keagamaan, termasuk menjelang Natal dan tahun baru. Fenomena ini harus diantisipasi dengan menjaga kestabilan stok dan pasokan.

Ketua Komisi C DPRD Palangka Raya ini juga meminta Disperindag serta instansi terkait lainnya melakukan pemantauan pasar guna memetakan potensi dan tren kenaikan harga menjelang Natal dan tahun baru.

"Melalui pemetaan ini pemerintah akan lebih mudah merumuskan langkah dan upaya intervensi harga kebutuhan di pasaran," kata politisi Golkar ini.

Saat ini sebagian besar kebutuhan masyarakat di Palangka Raya seperti beras, bawang merah, cabai dan kebutuhan pokok lain dipenuhi dengan mendatangkan barang dari daerah luar.

"Jika proses distribusi terhambat, maka stok barang akan menipis yang berimbas pada naikknya harga jual. Terlebih saat Natal dan tahun baru kebutuhan masyarakat juga meningkat. Ini lah yang harus benar-benar menjadi perhatian," katanya.

Untuk itu, Rusli juga meminta pemerintah kota berkoordinasi dengan instansi lain guna memastikan proses distribusi barang tak terhambat serta bersama-sama menyiapkan antisipasi melonjaknya harga barang di pasaran.

Sementara itu, pihak Disperindag Palangka Raya menyebut telah melakukan beberapa upaya antisipasi melonjaknya harga barang.

"Selain mengawasi proses distribusi barang kami juga melaksanakan pasar murah di sejumlah tempat di Palangka Raya. Kita juga terus berkoordinasi dengan pihak lain seperti Bulog dan pengusaha guna memastikan pasokan kebutuhan pokok tetap tersedia," Kadisperindag Palangka Raya, Aratuni D Djaban.