Pemkab Kotim Gandeng OJK Dorong Peningkatan UMKM

id Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor, OJK Dorong Peningkatan UMKM

Pemkab Kotim Gandeng OJK Dorong Peningkatan UMKM

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kotim, Halikinnor mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah, Rabu (13/12/2017). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membantu mendorong peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah.

"Potensi kita besar makanya kita bekerjasama dengan OJK dan membentuk tim yang sudah dikukuhkan tadi. Nanti tim membuat profil UMKM, dibimbing OJK untuk mengakses perbankan," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Rabu.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah. Tim yang dikukuhkan Halikinnor tersebut diketuai Rusli dari Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah.

Sedangkan anggotanya adalah kepala Satuan Organisasi Prangkat Daerah, perbankan serta swasta lainnya.

Tim ini dibentuk agar lebih intensif membantu pengembangan usaha kecil, mikro dan menengah. Dilibatkannya banyak pihak bertujuan untuk membantu agar pelaku usaha kecil makin mudah mengakses permodalan.

Menurut Halikinnor, selama ini pelaku UMKM kesulitan mengakses permodalan di perbankan karena pemahaman dalam hal administrasi masih kurang. Pelaku usaha juga sering terkendala syarat agunan dalam meminjam modal.

Halikinnor mengaku prihatin masih banyak pelaku usaha kecil yang meminjam modal dari rentenir sehingga sangat berat dan membebani karena bunganya sangat tinggi. Kondisi ini sangat disayangkan karena saat ini cukup banyak perbankan dan lembaga permodalan.

"UMKM yang bisa berkembang kalau dibantu permodalannya, akan didata. Kita juga akan membentuk Jamkrida sebagai penjamin dalam membantu permodalan usaha pelaku usaha sehingga bank tidak ragu memberikan pinjaman modal," kata Halikinnor.

Sementara itu, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah yang dibentuk diharapkan membantu mempercepat peningkatan keuangan daerah dalam sektor perekonomian dengan mengembangkan produk unggulan Kotawaringin Timur.

Tim diharapkan menyusun program yang tepat bagi pengembangan UMKM disertai pengawasan dan pembinaan dari OJK Provinsi Kalimantan Tengah.