DPRD Dorong Pemkot Palangka Raya Tingkatkan Kemandirian

id DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Tingkatkan Kemandirian pemkot

DPRD Dorong Pemkot Palangka Raya Tingkatkan Kemandirian

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya terus mendorong pemerintah kota setempat meningkatkan kemandirian dari berbagai aspek.

"Kami dari lembaga DPRD terus mendorong agar pemerintah kota segera memiliki kemandirian secara mutlak," kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, Senin.

Sigit mengatakan, pada periode 2018, peningkatan kemandirian pelaksanaan pemerintahan harus menjadi salah satu program prioritas pemerintah Kota Palangka Raya.

Saat ini sejumlah aset bangunan yang dimiliki dan dimanfaatkan oleh pemerintah kota berdiri di atas lahan milik pemerintah provinsi.

Keadaan ini membuat pihak legislatif dan eksekutif terus berupaya meningkatkan kemandirian pemerintah kota terutama dari sisi kepemilikan aset bangunan pemerintah daerah.

"Keadaan ini kalau tidak segera diselesaikan dapat berimbas pada capaian kinerja kita. Jika kita belum memiliki bangunan baru, dan pemerintah provinsi meminta haknya maka kita yang akan kesulitan," katanya.

Untuk itu, pihaknya selaku mitra pemerintah kota sangat mendorong dan mendukung pemerintah kota terkait pembangunan sejumlah gedung perkantoran pemerintah kota.

"Kami siap mendukung rencana pemindahan perkantoran yang tengah diupayakan pemerintah kota. Bahkan untuk penganggarannya pun kami setujui demi tercapainya kemandirian pemerintah kota," katanya.

Dia pun berharap kemandirian pemerintah daerah tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

"Terlebih lagi, Palangka Raya ini menjadi salah satu kanditat ibu kota negara Indonesia sehingga kemandirian ini mutlak dimiliki," katanya.