Kurun Pertahankan Gelar Juara Umum MTQ Gunung Mas

id MTQ gumas,kurun, juara umum,mtq kalteng

Kurun Pertahankan Gelar Juara Umum MTQ Gunung Mas

Sekda Yansiterson saat menyerahkan piala Juara Umum kepada Camat Kurun, Holten. (Foto Diskominfo dan Persandian Gumas)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) – Kecamatan Kurun, kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIV Kabupaten Gunung Mas (Gumas) di Kecamatan Tewah.

Untuk gelar juara II diraih Kecamatan Rungan, dan tuan rumah Kecamatan Tewah harus puas sebagai juara III. Kegiatan rutin keagamaan itu, diikuti oleh total 436 peserta.

Sedangkan untuk lomba yang dipertandingkan mulai tanggal 22-26 Februari ini, di antaranya cabang lomba tilawah Alquran semua golongan putra putri, hafdzil Quran, fahmil Quran, syarhil Quran, festival syair al-habsyi dan pawai ta'aruf. Serangkaian, kegiatan itu ditutup oleh Sekda Kabupaten Gumas, Yansiterson pada Senin (26/2/18) di masjid Darul Aman Tewah.

Sekda Gumas Yansiterson mengatakan, event ini sudah merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas untuk selalu mendukung, baik tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke tingkat nasional bahkan internasional. Untuk itu, kepada pemenang, agar jangan puas sampai di sini, tapi berupaya semaksimal mungkin sehingga meraih hasil yang lebih baik di tingkat provinsi.

"Kita juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat, agar berpartisipasi aktif menanamkan rasa memiliki, karena kegiatan keagamaan seperti ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh masyarakat," ucapnya.

Ia mengatakan, diharapkan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Gumas agar lebih memaksimalkan programnya dan memperhatikan dengan serius upaya pengembangan dan pembinaan dalam rangka menghadapi MTQ di tingkat Provinsi Kalteng.

"Jangan hanya bangga, terharu dan berbesar hati menyaksikan kemeriahan event tersebut, tetapi hendaknya dijadikan sebagai obor dan pedoman dalam kehidupan kaum muslim," katanya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Gumas HM Rusdi menuturkan, pelaksanaan MTQ XIV ini sebagai persiapan untuk mengikuti event yang sama di tingkat provinsi. Berdasarkan pengalaman, Kabupaten Gumas mampu berprestasi dan memperoleh juara di berbagai cabang lomba.

"Agar terus meningkat, kita akan membuat program dan rencana kerja, sehingga pelaksanaan pembinaan dan pelatihan akan berlanjut secara terus-menerus dan berkesinambungan," demikian HM Rusdi.