Disnaker Palangka Raya siapkan 13 paket pelatihan kerja

id Disnaker Palangka Raya,Said Sulaiman,paket pelatihan kerja

Disnaker Palangka Raya siapkan 13 paket pelatihan kerja

Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Said Sulaiman (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah selama 2018 menyiapkan 13 paket pelatihan kerja untuk menciptakan peluang kerja dan mengurangi pengangguran di wilayah setempat.

"Kami rutin melakukan program pelatihan bagi tenaga kerja termasuk tahun ini kita siapkan 13 jenis pelatihan keterampilan," kata Kadisnaker Kota Palangka Raya Said Sulaiman, Jumat di Palangka Raya.

Ke-13 paket pelatihan kerja tersebut diantaranya seperti pelatihan keterampilan otomotif, mebel, elektronika, las, menjahit, tata rias perbaikan AC, mesin bubut, komputer dan perhotelan.

"Saat ini sudah ada lima paket yang berjalan. Setiap paket pelatihan diikuti 16 peserta. Jadi selama belum penuh pesertanya belum bisa dimulai namun jika sudah lengkap bisa langsung dilaksanakan," kata Said.

Adapun pelatihan dilakukan selama sebulan dimulai pukul 07.00-16.00 WIB dan gratis. Bahkan pihaknya juga uang saku dan makan siang saat pelatihan.

Terdapat syarat yang harus dipenuhi jika ingin menjadi peserta pelatihan.

"Bagi para calon pencari kerja yang berminat mengikuti bisa datang langsung ke kantor Disnaker Kota Palangka Raya atau kios 3 in 1 di kawasan kantor Disnaker untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lengkap," katanya.

Pelatihan kerja tersebut didanai oleh pemerintah. Diharapkan, dengan pelatihan kerja tersebut, para peserta dapat menemukan dan menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di kota setempat.

"Tujuan pelatihan ini dalam rangka menciptakan peluang kerja melalui peningkatan kapasitas dan kemampuan dengan fokus pada satu bidang tertentu," kata Said.