DPRD Palangka Raya minta pembentukan KUBE merata di lima kecamatan

id DPRD Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini,pembentukan KUBE palangka raya

DPRD Palangka Raya minta pembentukan KUBE merata di lima kecamatan

Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini. (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Ida Ayu Nia Anggraini meminta pembentukan kelompok usaha bersama (Kube) di tahun ini bisa lebih merata.

"Kami harap pembentukan Kube di tahun ini disebar di lima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya. Ini sebagai bentuk pemerataan pelaksanaan program pembangunan," kata Nia di Palangka Raya, Selasa.

Dia juga meminta pembentukan Kube yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kota Palangka Raya dilakukan dengan cermat dan perencanaan yang matang sehingga pelaksanaan program nasional ini tepat sasaran.

Di sisi lain politisi Gerindra ini meminta warga yang tergabung dalam program Kube untuk dapat memanfaatkan program tersebut dengan baik sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Sampai akhir 2017 Dinas Sosial Kota Palangka Raya telah membentuk sebanyak 37 Kube dimana setiap kelompok terdiri dari 10 orang anggota terdiri dari tujuh penerima program program keluarga harapan (PKH) dan tiga masyarakat nonpenerima PKH.

Baca : - Dinsos Palangka Raya akan membentuk 50 KUBE di 2018

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinsos Palangka Raya, Akhmad Kusaini menerangkan, setiap Kube mendapat bantuan sebanyak Rp20 juta sebagai modal para penerima program untuk mengembangkan usahanya seperti membeli bibit ternak maupun produk lain yang dijual pengelola program.

Pihaknya pada tahun ini juga akan kembali membentuk 50 Kube yang tersebar di tiga kecamatan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

"Pada 2017 kita sudah membentuk 37 KUBE, namun pada tahun ini kita diminta membentuk 50 Kube lagi. Untuk lokasinya kami masih melakukan pembahasan agar program ini nanti tepat sasaran dan menyasar masyarakat yang benar-benar membutuhkan," katanya.

Pihaknya telah menginstruksikan para pendamping program untuk segera membuat proposal pembentukan Kube yang baru tersebut karena pada 28 Maret 2018 proposal akan disampaikan ke kementerian sosial.