Riban ajak perempuan Palangka Raya tingkatkan kualitas dan daya inovasi

id Palangka Raya,wali kota palangka raya Riban Satia,hari kartini,perempuan Palangka Raya tingkatkan kualitas dan daya inovasi

Riban ajak perempuan Palangka Raya tingkatkan kualitas dan daya inovasi

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia (dua kiri) saat peringatan hari Kartini di Palangka Raya, Senin (23/4//18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Dr HM Riban Satia mengajak perempuan di kota setempat memaknai peringatan Hari Kartini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri dan daya inovasi.

"Peringatan Hari Kartini harus dijadikan momen perubahan untuk menguatkan kemampuan dan daya inovasi serta semangat juang perempuan sehingga mereka semakin bisa berperan langsung dalam pembangunan daerah," kata Riban di Palangka Raya, Senin.

Pernyataan itu diungkapkan wali kota saat peringatan Hari Kartini ke-139 yang mengambil tema "meningkatkan kualitas perempuan dan pemberdayaan dengan semangat Kartini".

Dia mengatakan, perempuan masa kini harus semakin mampu terlibat dalam proses pembangunan seperti yang telah dilakukan Kartini pada masanya.

"Salah satu caranya, dengan verifikasi dan inovasi program pemberdayaan perempuan sehingga mampu memunculkan perempuan yang sehat, cerdas, berbudi luhur dan aktif berperan bagi kemajuan daerah," katanya.

Dia menjelaskan, nilai perjuangan Kartini perlu dilihat secara mendalam sesuai konteks zamannya, sehingga momentum ini mendorong semangat memperbaiki kesejahteraan perempuan di bidang pendidikan, pekerjaan dan status sosial.

"Kita lihat sekarang, masih banyak kekerasan terhadap perempuan, tidak sedikit perempuan yang menjadi sasaran kekerasan dan kriminalitas. Sekadar peringatan saja tidak cukup menghentikan tindakan kekerasan yang masih banyak menimpa perempuan," katanya.

Untuk itu, Riban menginstruksikan jajarannya berkomitmen dan merancang berbagai kebijakan yang berpihak pada perempuan. Rancangan itu tidak hanya dalam bentuk tulisan saja tetapi harus diterapkan dan berbentuk nyata di lapangan.

Ia menilai, peran serta wanita saat ini sudah mengalami peningkatan dari berbagai bidang tetapi masih ada hal-hal yang perlu ditingkatkan.