Hati-hati, politikus tidak santun akan ditinggalkan masyarakat

id politikus tidak santun akan ditinggalkan masyarakat,Pemilu 2019,Bupati kotim,Supian Hadi

Hati-hati, politikus tidak santun akan ditinggalkan masyarakat

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi saat menghadiri sosialisasi pemilu di KPU setempat, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi menyerukan seluruh politikus di daerah untuk berpolitik secara santun dan bersama-sama menjaga suasana agar tetap kondusif.

"Para tokoh atau elite politik harus memberi contoh bagaimana berpolitik yang santun. Apa yang mereka lakukan akan ditiru oleh kader dan militansi partai. Jika politikus berpolitik secara santun, saya yakin masyarakat akan bertambah simpatik," kata Supian di Sampit, Selasa.

Pemilu serentak memang akan digelar tahun 2019 mendatang, namun saat ini riak politik mulai terasa. Pertentangan mulai sering terlihat dalam hal dukung mendukung, khususnya melalui media sosial.

Meningkatnya suhu politik ini diharapkan tidak sampai mengganggu situasi Kotawaringin Timur yang saat ini sangat kondusif. Masyarakat dan kader partai politik diimbau tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan reaksi dan gesekan.

Tokoh politik juga diharapkan memberi contoh yang baik dalam berpolitik. Sebagai panutan banyak orang, para tokoh politik diminta mengarahkan masyarakat, khususnya para kader partainya untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan agar tidak mudah terprovokasi dan diadu domba pihak lain.

Menurut Supian, masyarakat sudah cerdas sehingga bisa menilai siapa saja politikus yang layak didukung dan dipilih. Politikus yang mempertontonkan politik yang tidak santun, tentu akan menjadi penilaian tersendiri bagi masyarakat dalam menentukan pilihan.

Makin mendekati pelaksanaan pemilu serentak 17 April 2019 nanti, suhu politik diperkirakan akan terus meningkat. Tidak hanya persaingan antarpartai politik, gesekan antarcalon legislatif dari partai yang sama pun, tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi.

Supian mengingatkan seluruh bakal calon anggota legislatif untuk bersaing secara sehat dan tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan. Semua pihak bertanggung jawab untuk bersama-sama menciptakan situasi daerah yang aman dan kondusif.

"Lakukan yang terbaik dan sesuai aturan. Biarkan masyarakat yang menentukan pilihan karena masyarakat kita sudah cerdas. Bagi-bagi uang tidak menjamin calon anggota legislatif akan terpilih. Makanya lebih baik tunjukkan kontribusi terhadap daerah dan masyarakat," sambung Supian.

Supian mengajak masyarakat untuk teliti dan cerdas dalam menggunakan media sosial dan teknologi informasi. Masyarakat diingatkan untuk tidak mempercayai berita bohong atau `hoax` dan tidak pula ikut menyebarkannya karena bisa merugikan orang lain dan akan menimbulkan konsekuensi hukum bagi pelaku dan penyebar `hoax`.

Semua pihak diminta menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan pemilu serentak 2019 berjalan dengan aman, lancar sukses dan berkualitas. Apapun hasilnya nanti harus diterima dengan lapang dada karena itu merupakan pilihan masyarakat sendiri.