Tim Kahayan Hulu Utara juara lomba tari FBMM [VIDEO]

id fbmm,kahayan hulu utara, lomba tari

Tim Kahayan Hulu Utara juara lomba tari FBMM [VIDEO]

Penampilan tim tari daerah di panggung Stadon Mini Kuala Kurun. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Tim tari daerah dari Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut) keluar sebagai juara baru tahun ini, dalam lomba tari daerah Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) tahun 2018 di stadion mini Kuala Kurun, Selasa malam (5/6/18).

Cabang lomba ini, merupakan lomba yang paling favorit dan bergengsi, lantaran ditunggu-tunggu ratusan penonton malam itu. Tim tari Kahut berhasil menyisihkan sembilan kecamatan lainnya. 

Untuk juara dua, diraih Kecamatan Kurun, sedang tim tari Kecamatan Sepang yang tahun lalu meraih juara pertama, kali ini harus puas di posisi ketiga.

"Tentunya kami puas dan bersyukur. Persiapan cuma lima hari untuk mengikuti lomba ini, dan kami tidak ada menargetkan apa-apa. Yang penting tampil dengan maksimal," ucap Camat Kahut Effendi W Rasa kepada awak media, usai penyerahan trophy dan hadiah.

Ditanya tentang pembinaan seni budaya di wilayahnya, ia mengatakan, sejauh ini pihaknya telah memberikan perhatian lebih, khususnya dalam seni tari, meskipun ada beberapa kendala yang merintangi.

"Pembinaan terus kami lakukan di wilayah kami. Sudah ada empat sanggar tari yang berdiri dan dibentuk di empat desa," katanya.
 
Camat Kahayan Hulu Utara Effendi W Rasa saat bersama tim tari daerah Kecamatan Kahut. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)


Sementara itu memasuki hari kedua pada Selasa (5/6/18), beberapa cabang lomba FBMM 208 telah dilombakan, seperti manyipet, balogo, silat Dayak, mangenta, dan lomba tari daerah.

Sedangkan pada Rabu (6/5/18), dilombakan cabang lomba pakasak lamang, habayang, pengumuman lomba cipta karungut tingkat pelajar, dan pada malam harinya dipertandingkan lomba karungut puteri di stadion mini Kuala Kurun.

"Hingga hari Rabu ini, seluruh pelaksanaan berjalan lancar dan aman. Tidak ada kendala berarti,” kata Ketua FBMM 2018.