Polres Barsel bentangkan bendera sepanjang 550 meter

id polres barsel,Bendera merah putih,550 meter

Polres Barsel bentangkan bendera sepanjang 550 meter

Bendera Merah putih sepanjang 550 meter dibentangkan menyeberangi sungai Barito.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Polres Barito Selatan, Kalimantan Tengah membentangkan bendera merah putih sepanjang 550 meter yang menyeberangi sungai Barito.

"Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi, serta simbol motivasi pemersatu bagi masyarakat," kata Wakapolres Barito Selatan, Kompol Anak Agung Gde Wirata, di Buntok, Senin.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan pembentangan bendera ini, mampu mendorong masyarakat untuk termotivasi menciptakan prestasi-prestasi positif dimasa mendatang.

Menurut dia, pembentangan bendera sepanjang 550 meter dari tepi sungai Barito hingga ke seberang sungai tersebut bukan untuk menginginkan sebuah penghargaan belaka, akan tetapi dapat menjadi simbol kebersamaan, dan pemersatu bagi kita semua dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Karena lanjut dia, saat ini, nilai-nilai kepahlawanan mulai luntur disebabkan oleh pengaruh globalisasi yakni trend budaya barat, serta demokrasi yang kebablasan, dan banyak yang lupa sejarah sehingga tidak memiliki rasa bangga sebagai bangsa.

Oleh karena itu, untuk membangkitkan kembali nilai-nilai kepahlawanan tersebut, dirinya mengajak semua elemen untuk terus meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa.

Kemudian kata dia, terus membangun, dan meningkatkan rasa nasionalisme, serta semangat juang, dan etos kerja, serta rela berkorban, dan pantang menyerah untuk mengimplementasikan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara secara baik, dan benar.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada kesempatan itu menyampaikan, pembentangan Bendera Merah Putih ini merupakan momentum bagi semua untuk terus membangkitkan kembali jiwa, dan semangat nasionalisme.

"Dengan jiwa, dan semangat nasionalisme, akan mampu menjalin persatuan, dan kesatuan untuk mewujudkan Indonesia lebih maju, dan sejahtera," ujarnya.

Ia menyampaikan, pembentangan bendera ini merupakan wujud rasa syukur atas Kemerdekaan yang telah diraih oleh para pejuang pendahulu.

"Untuk itu, mari kita semua mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan positif, dan pengabdian sehingga perjuangan para pejuang tidak sia-sia," ucap Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan, akan mampu menebarkan spirit persatuan, dan kesatuan sebagai semangat bagi anak bangsa untuk terus berbuat yang terbaik bagi bangsa, dan negara Indonesia.

Acara pembentangan bendera merah putih yang berlangsung di Taman Iring Witu Buntok tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopinda), sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), tokoh masyarakat, dan pelajar di wilayah setempat.

Selain melaksanakan pembentangan bendera merah putih, Polres Barito Selatan juga melaksanakan kegiatan bhakti kesehatan, dan melakukan peresmian kampung merah putih, serta melaksanakan bedah rumah di Desa Pamangka, Kecamatan Dusun Selatan.