Siswa SMP di Gumas dididik cara demokrasi yang bijak

id gunung mas,gumas,smp di gumas,Kepala SMPN 1 Kurun Ina Martia,siswa mencoblos,pemilihan osis

Siswa SMP di Gumas dididik cara demokrasi yang bijak

Kepala SMPN 1 Kurun Ina Marita beserta para guru dan peserta didik memberikan hak suaranya, pada pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2018/2019 yang menggunakan sistem seperti pemilu, Selasa (4/9). (Foto Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, melaksanakan pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) masa bakti 2018/2019, sama seperti pemilihan umum yang biasa dilakukan di Negara Indonesia.

Pemilihan dengan sistem pemilu tersebut dilakukan untuk memberikan pendidikan sekaligus memberitahu cara berdemokrasi dengan bijak sekaligus mengenalkan tahapan-tahapan pemilu, kata Kepala SMPN 1 Kurun Ina Martia, di Kuala Kurung, Sabtu siang.

"Pemilihan ketua osis itu, dilaksanakan pada Selasa (4/9) lalu. Sekolah ini, melakukan pemilihan dengan sistem pemilihan umum (Pemilu), yang diikuti oleh ratusan peserta didik," ucapnya.

Dia bercerita, saat pelaksanaan pemilihan tersebut, pihak sekolah menyiapkan bilik suara, kotak suara, tinta, dan alat pencoblosan. Sebelum mencoblos, ratusan peserta didik harus mengantri untuk mendapatkan surat suara yang berisi foto kandidat dan menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, surat suara dilipat kembali dan dimasukkan kedalam kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, mereka harus mencelupkan tangan kedalam tinta, agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

”Pemilihan ketua OSIS ini, diawali dengan proses penjaringan, seleksi, pelaksanaan kampanye dari para kandidat dengan pemaparan visi dan misi mereka, yang dilanjutkan dengan pemberian sosialiasi tata cara pencoblosan,” ujar Mantan Kepala SMPN 3 Tewah ini.

Ia menyebutkan, ada lima calon ketua OSIS yang mendaftarkan diri, yakni Andika Septa Eka Kaharap, Rendi, Dimas Zidane Andalan, Yunisa Nasela, dan Aprilio. Mereka memperebutkan 686 suara. Setelah semua memberikan hak suaranya, langsung dilanjutkan dengan penghitungan.

Hasil penghitungan, Dimas Zidane Andalan terpilih sebagai Ketua OSIS dengan 251 suara, Andika Septa Eka Kaharap 168 suara, Ronald Aprilio 108 suara, Rendi 107 suara, Yunisa Nasela Evansa 47 suara.

"Ada 681 suara sah dan lima suara tidak sah. Pengukuhan Ketua OSIS dilaksanakan Senin (11/9)," kata Ina.

Sementara itu, Ketua OSIS terpilih Dimas Zidane Andalan berjanji akan menjalankan visi dan misi yang telah dipaparkan. 

"Untuk visi, akan menjadikan SMPN 1 Kurun menjadi sekolah berkualitas, berprestasi, inovatif, bertanggung jawab dan dilandasi oleh iman," demikian Dimas.