Pemahaman tertib berlalu lintas perlu diajarkan sejak dini

id Polda Kalteng,Dirlantas Polda,Kalimantan Tengah,Provinsi Kalteng,Lalu Lintas

Pemahaman tertib berlalu lintas perlu diajarkan sejak dini

Sejumlah anggota Ditlantas Polda Kalteng mempertunjukkan cara mereka menangkap pelaku tabrak lari di acara HUT Lalu Lintas ke 63 tahun di kawasan bundaran besar Kota Palangka Raya, Minggu (30/9/18). (Foto Antara Kalteng / Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Kombes Pol Aries Syahbudin mengatakan, pemahaman tertib berlalu lintas harus diajarkan sejak usia dini, hal itu agar setelah dewasa dapat mematuhi dan mengikuti aturan berkendara dengan benar.

"Masih banyak masyarakat kita yang belum sadar akan pentingnya berlalu lintas dengan benar. Oleh karena itu kami melaksanakan sejumlah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman dan menyadarkan masyarakat agar dapat taat terhadap aturan lalu lintas di jalan raya," katanya, di Palangka Raya, Minggu.

Pemahaman dan sosialisasi tentang pentingnya patuh terhadap aturan berlalu lintas itu juga sebagai salah satu upaya kepolisian dalam menekan angka kecelakaan kendaraan di Kalteng.

Ia mengatakan, banyak yang meremehkan tata tertib lalu lintas, padahal itu dapat mengancam keselamatan pengendara. Salah satunya adalah patuh menggunalan helm, menggunakan lampu sen ketika akan belok, dan aturan lainnya.

"Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang tata tertib berlalu lintas, bahkan saat ini kepolisian juga aktif melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Intinya, Polda Kalteng akan terus berupaya memberikan pelayanan yang prima dalam mengontrol lalu lintas baik itu untuk kendaraan roda dua atau empat.

Baca juga: Operasi telabang digelar untuk pembinaan masyarakat tertib lalu lintas

"Keselamatan di jalan raya itu bukan untuk polisi, tapi melainkan kepentingan bagi pengendara sendiri. Petugas lalu lintas hanya berupaya membantu agar semua pengguna jalan bisa merasa aman dan nyaman ketika bepergian," ujar Aries.

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-63 Lalu Lintas tersebut, Polda Kalteng juga melakukan simulasi berbagai macam kegiatan polisi lalu lintas ketika menghadapi berbagai macam kejadian. Kegiatan tersebut ditonton oleh ribuan warga Palangka Raya yang sangat antusias melihat simulasi tersebut.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan jajarannya juga terlihat menikmati pertunjukan simulasi oleh pihak Polda Kalteng dalam rangka melakukan sosialisasi tertib lalu lintas pada kegiatan Car Free Day, di Bundaran Besar Palangka Raya.

Baca juga: Polda larang kendaraan bak terbuka digunakan angkut penumpang