Pemkot didorong tingkatkan pengembangan sektor perikanan

id Dprd palangka raya,pemkot,sektor perikanan

Pemkot didorong tingkatkan pengembangan sektor perikanan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto (ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto mendorong pemerintah kota setempat meningkatkan mengembangkan sektor perikanan.

"Potensi pengembangan sektor perikanan kita sangat besar. Selain dilintasi dua sungai besar, Palangka Raya juga memiliki lebih dari 100 danau dan rawa," kata Sigit di Palangka Raya, Selasa.

Sehingga, kata dia, sektor perikanan harus bisa menjadi salah satu andalan pemerintah kota dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan diantara yang bisa dilakukan pemerintah kota seperti meningkatkan pendidikan dan pelatihan dalam mengolah hasil usaha menjadi lebih bermutu serta bernilai ekonomi.

"Saya meminta pemerintah kota melalui Dinas Perikanan memfasilitasi pemasaran produk hasil usaha perikanan yang selama ini menjadi kendala masyarakat mengembangkan usahanya," katanya.

Dia mengatakan selain itu, Pemkot juga diminta memfasilitasi peningkatan modal pengembangan sektor perikanan yang dilakukan masyarakat setempat.

Apalagi hambatan terbesar pengembangan pelaku usaha pengolahan hasil perikanan adalah sulitnya pemasaran dan keterbatasan modal.

"Untuk itu, sesuai keinginan wali kota yang baru saja dilantik terkait program "one year one inovation" saya meminta Dinas Perikanan semakin kreatif dan inovatif dalam pengembangan sektor perikanan," kata Sigit.

Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianor menambahkan secara umum pengembangan sektor perikanan di Kota Palangka Raya masih belum optimal.

Diantara indikatornya bahwa sebagian keperluan ikan konsumsi masih didatangkan dari daerah luar.

"Selain itu sebagian bibit ikan yang akan dibesarkan juga didatangkan dari luar Kota Palangka Raya," ujarnya.