Empat UKM Palangka Raya raih penghargan Siddhakarya

id Kota Palangka Raya,pemkot palangka raya,Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie,UKM Palangka Raya

Empat UKM Palangka Raya raih penghargan Siddhakarya

UKM Palangka Raya menerima penghargaan Siddhakarya. (Ist)

Keempat UMKM ini kami dinilai mampu menjalankan konsep kualitas maupun produktivitas yang bernilai tinggi
Palangka Raya (Anataranews Kalteng) - Empat Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil meraih penghargaan Siddhakarya 2018 dari Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi.

"Ada empat UKM di Kota Palangka Raya yang menerima penghargaan Siddhakarya dari Kemenakertrans. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan bagi UKM karena dinilai berhasil menjalankan kualitas dan produktivitas usahanya," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya Afendie, Kamis.

Dia menerangkan empat UKM di "Kota Cantik" itu bergerak di bidang produksi kerajinan rotan, produksi kerajinan getah nyatu, produksi kripik saluang dan produksi obat-obatan tradisional khas Kalteng.

"Keempat UMKM ini kami dinilai mampu menjalankan konsep kualitas maupun produktivitas yang bernilai tinggi. Ini menjadi contoh yang dapat ditiru oleh UKM-UKM di Kota Palangka Raya lainnya," katanya.

Afendie mengatakan, keempat UKM tersebut selanjutnya akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada penilaian kualitas dan produktivitas tingkat nasional.

Dia menambahkan, keempat UMKM ini akan diberikan pembinaan lebih lanjut oleh Diskop dan UKM Palangka Raya.

"Nantinya ada enam UMKM Kalteng yang berkompetisi pada konsep penilaian secara nasional. Jadi empat UMKM dari Kota Palangka Raya, ditambah dua UMKM dari dua kabupaten di Kalteng yang sebelumnya mendapat penghargaan yang sama,"tutupnya.

Saat ini, Pemerintah Palangka Raya melalui Diskop dan UKM terus mendorong dan selalu membina UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas serta kuantitas produksi.

"UKM yang mampu menjalankan konsep kualitas dan produktivitas tentu akan mampu berkembang sehingga dapat membawa pada pengembangan usaha, penyerapan tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan para pelakunya dan membantu pertumbuhan ekonomi daerah. Ini yang terus kami upayakan," katanya.