Pembuatan paspor calon haji Barsel dijadwalkan lebih awal

id Kemenag Barsel,Pembuatan paspor calon haji Barsel dijadwalkan lebih awal,Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Abdul Majid Rahimi

Kepala Kementerian Agama Barito Selatan, H. Abdul Majid Rahimi saat menyampaikan sambutan pada pertemuan dengan calon jamaah haji Barito Selatan. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kantor Kementrian Agama Barito Selatan, Kalimantan Tengah sedang mempersiapkan administrasi pembuatan paspor bagi calon jamaah haji yang akan diberangkatkan pada 1440 Hijriah atau 2019 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Abdul Majid Rahimi mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan kelengkapan administrasi calon haji.

"Hal tersebut dilakukan agar dalam pembuatan paspor nantinya, tidak mengalami kendala," katanya saat kegiatan sosialisasi dengan calon jamaah haji, di Buntok, Senin.

Untuk tahun ini lanjut dia, pembuatan paspornya dijadwalkan lebih awal dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam pertemuan ini, calon jamaah haji mengisi formulir, dan setelah itu petugas dari Kemenag Barsel memasukan data tersebut pada blanko Perdim 11 dari Kantor Imigrasi Palangka Raya.

"Rencananya petugas dari Kantor Imigrasi Palangka Raya nantinya akan datang ke Buntok untuk proses pembuatan paspornya," ucap kepala Kantor Kemenag Barito Selatan itu.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk meringankan biaya bagi calon haji dalam membuat paspor, sebab mereka nantinya tidak perlu berangkat ke Palangka Raya, karena petugas dari Kantor Imigrasi Palangka Raya yang datang ke Buntok.

Dalam pertemuan ini juga lanjut dia, pihaknya juga meminta kepada kepada calon haji Barito Selatan agar terus menjaga kesehatannya, termasuk meminta calon haji mempelajari rukun, dan syarat haji sejak dini.

Sedangkan jumlah calon jamaah haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan 2019 mendatang sebanyak 145 orang.

Untuk jumlah calon jamaah haji dari kecamatan Dusun Selatan sebanyak 68 orang yang terdiri dari 29 laki-laki, dan 39 perempuan.

"Dari Kecamatan Dusun Utara  sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 laki-laki, dan 3 perempuan. Dari kecamatan Dusun Hilir sebanyak 34 orang yang mana laki-laki 15 orang, dan perempuan 19 orang," ujarnya.

Kemudian dari Kecamatan Jenamas terdiri dari 3 laki-laki, dan dua perempuan, sedangkan dari kecamatan Karau Kuala sebanyak 24 orang yang mana 9 laki-laki, dan 15 perempuan.

"Dari Kecamatan Gunung Bintang Awai sebanyak 7 orang yang terdiri dari 3 laki-laki, dan 4 perempuan," demikian Abdul Majid Rahimi

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar