Satlinmas siap amankan pemilu, kata Kasatpol PP Kalteng

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,kasatpol pp,Baru I Sangkai,pemilu 2019

Satlinmas siap amankan pemilu, kata Kasatpol PP Kalteng

Kepala Satpol PP Kalimantan Tengah Baru I Sangkai (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalimantan Tengah, memastikan seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tiap desa/kelurahan siap membantu pengamanan pemilu tahun 2019.

"Baik anggota Satlinmas maupun Satpol PP di Kalteng, siap membantu pengamanan pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden," kata Kepala Satpol PP Kalteng Baru I Sangkai di Palangka Raya, Rabu.

Sesuai Permendagri nomor 84 tahun 2014, salah satu tugas Satlinmas adalah membantu menjaga keamanan dan ketertiban penyelenggaraan pemilu. Setiap tempat pemungutan suara (TPS) dijaga sebanyak 2 anggota Satlinmas.

Keberadaan Satlinmas sangat penting membantu menjaga keamanan, apalagi jumlah aparat keamanan baik TNI, Polri maupun Satpol PP cukup terbatas untuk memonitor seluruh TPS yang ada di Kalteng.

Berdasarkan database milik Satpol PP Kalteng tahun 2018, ada sebanyak 13.080 anggota Satlinmas yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Semua anggota sudah dipersiapkan untuk melaksanakan tugasnya mengamankan pemilu.

"Kami bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengkoordinir tugas anggota Satlinmas di lapangan. Jika KPU mengatur teknis di dalam TPS, maka kami mengatur teknis pengamanan area khususnya di luar TPS," kata Baru kepada Antara Kalteng.

Dia menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Satpol PP kabupaten/kota guna melakukan monitoring kegiatan pemilu, agar pelaksanaan pengamanan di setiap tahapan mampu dilakukan secara optimal.

Kesiapan anggota Satlinmas di Kalteng telah dipastikan seratus persen, sebab tugas mereka tidak hanya membantu pengamanan pemilu. Setiap waktu Satlinmas selalu siaga dalam hal penanggulangan bencana, kegiatan sosial kemasyarakatan hingga upaya pertahanan negara.

"Namun untuk memantapkan kesiapan anggota, Satpol PP di kabupaten telah melatih dan memberi pendidikan terkait pengendalian keamanan khususnya menghadapi pemilu 2019," ujar Baru.

Sementara itu, sebanyak 3/4 dari seluruh anggota Satpol PP siap mengamankan setiap tahapan pemilu, mulai dari kegiatan sosialisasi hingga pemilihan pada April 2019 mendatang.