Polres Kapuas Gelar Simulasi Sispam Kota

id Polres Kapuas Gelar Simulasi Sispam Kota,Sispam Kota

Polres Kapuas Gelar Simulasi Sispam Kota

Sejumlah kelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis dalam simulasi Sispam Kota yang di gelar Polres Kapuas, Senin (18/03/2019). (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)    

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dalam rangka menghadapi konflik sosial dan penanganan Pemilu Tahun 2019, di wilayah Hukum Polres Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Polres Kapuas menggelar simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantap Brata Talabang Tahun 2019, Senin.

Kegiatan simulasi Sispam Kota yang berlangsung di kawasan jalan Patih Rumbih, tepatnya di area Stadion Panunjung Tarunga Kuala Kapuas, menampilkan sejumlah kesiapan maupun kemampuan personil dalam menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi nantinya.

Kepala SPN Polda Kalteng Kombes Pol Ruli Agus Pramono, SIK di Kuala Kapuas saat memimpin langsung jalannya simulasi tersebut mengatakan, bahwa kesiapan-kesiapan yang dilakukan oleh personil Polres Kapuas ini, tujuannya adalah merupakan salah satu menunjukan kemampuan maupun kesiapan wilayah Polres Kapuas dalam melaksanakan Sispam Kota itu sendiri dalam menghadapi gangguan maupun ancaman yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi.

"Dalam hal ini kami ingin menunjukan daripada kesiapan wilayah Polres Kapuas dalam melaksanakan Sispam Kota. Kita bisa lihat, siapa nantinya yang berbuat, kita harus tahu betul apa yang harus dilakukan apabila terjadi sesuatu gangguan. Memang kita tidak mengingikan gangguan itu, tapi kita terus waspada apabila itu terjadi dan kita sudah siap," terang Ruli Agus Pramono.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung penuh Sispam Kota pada Pemilu 2019
Sejumlah kelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis dalam simulasi Sispam Kota yang di gelar Polres Kapuas, Senin (18/03/2019). (Foto Antara Kalteng/All Ikhwan)    

Mantan Kapolres Kapuas ini, mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat dapat saling mengikat satu sama lainnya, dalam menjaga dan mensukseskan pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April, agar bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan nyaman. 

"Sehingga Pemilu bisa benar-benar aman dan masyarakat pun tidak perlu takut saat datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk mencoblos pilihannya," tandasnya.

Adapun sejumlah adegan simulasi Sispam Kota dipragakan, mulai dari kesiapan peralatan, kemampuan personil, pengamanan kotak suara, berlangsungnya pencoblosan, hingga pengamanan di sejumlah titik-titik rawan akan bahaya gangguan maupun ancaman terjadi.

Selain itu, penanganan juga dilakukan untuk menghadapi kerusuhan maupun adanya sekelompok massa melakukan aksi unjuk rasa dengan anarkis hingga sampai dilakukan tindakan tegas oleh petugas.