Legislator Barito Timur dorong pendirian perguruan tinggi

id Legislator Barito Timur dorong pendirian perguruan tinggi,Pendidikan,Sumber daya manusia,SDM

Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur H Ahmad Huzairin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiyang Layang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah H Ahmad Huzairin mendorong pemerintah kabupaten setempat memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia (SDM), di antaranya dengan mendirikan perguruan tinggi.

"Salah satu pembangunan SDM yang diharapkan melalui pendidikan yakni adanya pembangunan perguruan tinggi (PT) yang menyesuaikan dengan kebutuhan daerah," kata Ahmad Huzairin di Tamiang Layang, Sabtu.

Kebutuhan daerah dimaksud yakni menyesuaikan dengan kondisi dan potensi daerah, yakni usaha bidang pertambangan, pertanian dan perkebunan. Kebutuhanbutuhan pekerja di bidang pertambangan, pertanian dan perkebunan mengharuskan adanya SDM yang memiliki kemampuan sesuai bidangnya.

Jika masyarakat memiliki SDM yang baik maka akan berpengaruh pada angka pengangguran, kemiskinan, pencari lapangan kerja, perekonomian dan angka pendapatan perkapita.

Nantinya, Kabupaten Barito Timur akan bersaing menghadapi tantangan untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain yang telah lebih dahulu maju.

Kabupaten Barito Timur saat ini hanya memiliki tingkatan pendidikan hingga SMA sederajat. Warga yang ingin memiliki gelar pendidikan sarjana atau strata satu (S1) harus ke luar daerah dan dengan biaya yang cukup tinggi.

"Perusahaan pada umumnya menerima karyawan atau pekerja yang memiliki kemampuan. Sedangkan kemampuan itu sendiri didapati dari pendidikan," katanya.

Oleh karena itu, untuk mewujudkan kesejahteraan dalam pembangunan daerah yang maju dan mandiri, mengharuskan dikembangkannya konsep pembangunan yang bertumpu pada manusianya, dengan titik berat pembangunan diletakkan pada bidang ekonomi dengan kualitas sumber daya manusia.

"Pembangunan SDM di Barito Timur juga sangat penting dan merupakan bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan nasional yang dicanangkan pemerintah pusat," kata Huzairin.

Politisi Partai Hanura itu menilai, ada pembangunan yang tidak kalah penting selain pembangunan infrastruktur dan ekonomi, yakni pembangunan SDM.

Pembangunan SDM memiliki manfaat yang lebih luas dan berdampak pada kualitas manusia yang bisa dilihat dari angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat tahun 2017 diketahui IPM Kabupaten Barito Timur berjumlah 70,57 yang menduduki urutan ke-161 diantara kabupaten/kota se Indonesia.

Untuk itu, Kabupaten Barito Timur membutuhkan pembangunan SDM yang dimulai dari sektor pendidikan. Hal itu penting karena SDM berkaitan langsung dengan kualitas manusia.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar