UMP siap wujudkan program Pemkab Sukamara satu sarjana setiap rumah

id UMP,Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, FISIPOL UMP

UMP siap wujudkan program Pemkab Sukamara satu sarjana setiap rumah

Rektor UM Palangkaraya, Dr Sonedi M.Pd (kiri) dan Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi usai menandatangani kerja sama yang di laksanakan di Palangka Raya, Sabtu (9/2/19). (Istimewa)

UMP menyambut positif program satu rumah satu sarjana dari Bupati Sukmara
Palangka Raya (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP), Dr. Sonedi, M.Pd menyatakan kesiapan untuk bersinergi dalam mengimplementasikan kebijakan kepala daerah dalam memberikan kesempatan luas bagi putera-puteri di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) agar bisa melanjutkan pendidikan tinggi guna terwujudnya program satu sarjana setiap rumah di provinsi ini.

“UMP menyambut positif program satu rumah satu sarjana dari Bupati Sukamara. Kami sedang merumuskan langkah-langkah untuk mewujudkan program strategis dalam penyiapan sumber daya manusia di Kalteng yang memiliki daya saing,” ucapnya di Palangka Raya, Sabtu.

Sementara Bupati H.Windu Sukamara, Subagio menyampaikan bahwa penyiapan sumber daya berdaya saing merupakan salah satu program prioritasnya selama memimpin kabupaten paling Barat wilayah Provinsi Kalteng itu.

Berbagai langkah dilakukan dalam mendorong partisipasi masyarakat di Kabupaten Sukamara untuk mau menyiapkan diri menghadapi kemajuan dan tantangan ke depan, dan salah satu prioritas memberikan akses seluas mungkin untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi.

Pemkab Sukamara juga menyediakan anggaran bea siswa bagi para mahasiswa asal Sukamara yang kuliah di luar daerah dan bahkan di luar provinsi.

Kebijakan “satu rumah satu sarjana” dari Bupati Sukamara Windu Subagio itu merupakan langkah positif dalam upaya mendorong kemajuan masyarakat yang tingg di daerah pedesaan, pedalaman dan daerah terpencil yang selama ini cenderung termarginalkan.

“Kami sebagai masyarakat kampus tentu wajib ikut mewujudkan program strategis ini, dengan mendekatkan pelayanan pendidikan tinggi hingga bisa ke daerah-daerah kantong pemukiman penduduk,” ujar Dr.Sonedi.

Baca juga: Mahasiswa Fisipol UMP diarahkan ke pendampingan UKM

Ditegaskannya bahwa UMP sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Kalteng tidak ingin menjadi “menara gading”. Untuk apa juga hanya tampak terlihat besar dan kuat, tapi kalau tidak memberikan manfaat bagi masyarakat di Kalteng, kata Dr. Sonedi yang mengaku berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di daerah pedalaman Kabupaten Kotawaringin Timur itu.

“Kebijakan satu rumah satu sarjana di Kabupaten Sukamara ini bisa kita sinergikan dengan e-Learning atau model pembelajaran UMP yang tidak harus di dalam kelas dan sagat memungkinkan perkuliahan jarak jauh dengan optimalisasi pemanfaatan IT,” tambahnya.

UMP juga menetapkan program untuk menginisiasi dan fasilitasi pendirian perguruan tinggi di setiap daerah pada 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalteng.

UMP saat ini memiliki tujuh fakultas program strata satu (S1) dan satu Pasacasarjana program strata dua (S2) .Ke-7 Fakultas yang dimiliki UMP saat ini terakreditasi B, yaitu FISIPOL dengan program studi S1 Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi dan program studi S2 Magister Administrasi Publik yang sedang berbenah dalam upaya memenuhi ketentuan standar BAN-PT agar dapat terakreditasi Unggul A yang merupakan kebanggaan sebuah kampus.

Fakultas lainnya FKIP, Fak Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam. Saat ini juga sedang dilakukan proses persiapan pengusulan Program Studi (Prodi) baru yaitu S1 Ilmu Ekonomi dan Ilmu Hukum di bawah FISIPOL, Prodi S1 Farmasi, Psikologi, dan Prodi Ilmu Kedokteran.

Baca juga: UMP akan fasilitasi pendirian perguruan tinggi setiap kabupaten se-Kalteng