Endra Rosana kembali terpilih nakhodai KNPI Kotim melalui persaingan ketat

id Endra Rosana kembali terpilih nakhodai KNPI Kotim melalui persaingan ketat,Kotim,Kotawaringin Timur,KNPI Kalteng

Endra Rosana kembali terpilih nakhodai KNPI Kotim melalui persaingan ketat

Ketua KNPI Kalteng Rahmad Handoko (tengah) menggandeng Endra Rosana (jaket biru) dan Wawan Setiawan. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Endra Rosana kembali terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah setelah melalui persaingan cukup ketat dalam pemungutan suara yang berakhir Senin dini hari.

"Ini bukti kebersamaan dan saya sangat mengapresiasi komitmen teman-teman. Kami akan merangkul semua elemen seperti yang sudah dilakukan selama periode pertama," kata Endra di Sampit, Senin.

Pemilihan ketua menjadi agenda yang paling menarik perhatian dalam Musyawarah Daerah XIV DPD KNPI Kotawaringin Timur yang dimulai Sabtu (29/6). Suasana sempat menghangat saat hari pertama, khususnya terkait hasil verifikasi organisasi kepemudaan yang menjadi peserta musyawarah daerah.

Endra menilai perdebatan dalam sebuah organisasi merupakan hal wajar. Dia mengapresiasi semua pihak karena tetap mengedepankan kebersamaan dan tetap santun dalam menyampaikan pendapat.

Endra mengakui, KNPI sering dianggap sebagai organisasi semi-politik, namun pihaknya selalu berusaha menghindari pola transaksional. Dia ingin KNPI tetap menjadi contoh yang baik bagi organisasi lainnya.

Seremonial pembukaan acara dilakukan Minggu pagi oleh Ketua KNPI Kalimantan Tengah yang Rahmad Handoko. Proses pemilihan ketua berlangsung cukup panjang hingga acara baru berakhir pada Senin dini hari.

Hanya dua nama yang muncul dalam pencalonan Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur periode 2019-2021 yaitu Wawan Setiawan dan Endra Rosana selaku petahana.

Keduanya dinilai merupakan figur terbaik yang mendapat dukungan hampir berimbang.
Persaingan dukungan itu terlihat saat pemungutan suara dengan selisih perolehannya tidak terlalu jauh.

Hasil akhir, Endra terpilih kembali menjadi Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur setelah memenangi pemungutan suara dengan memperoleh 24 suara, sedangkan Wawan memperoleh 19 suara, sementara satu suara abstain.

"Ke depan, saya selaku formatur berharap semua elemen bersatu. Saya optimistis karena saya percaya pengurus tetap solid dan kawan-kawan tetap solid," kata Endra.

Endra menyadari dalam kepengurusan periode sebelumnya tentu ada kekurangan, karena itu dirinya  membuka diri terhadap kritik, saran dan masukan. Dia mengajak semuanya bersama-sama memajukan KNPI dan meningkatkan peran terhadap daerah dan masyarakat.

Sementara itu saat pembukaan Kemarin, Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur H Supriadi menyatakan komitmen pihaknya terhadap pengembangan organisasi kepemudaan. Bahkan dia menjanjikan DPRD akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta dalam APBD Perubahan 2019 nanti agar bisa menjalankan kegiatan lebih optimal.

Janji itu diucapkan Supriadi disaksikan anggota DPRD lainnya yaitu Handoyo J Wibowo, Jainudin Karim dan Agus Seruyantara. Supriadi meminta KNPI meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan DPRD dan banyak pihak.

"Asalkan sering berkomunikasi dan program kegiatannya juga ditingkatkan, pasti kami dukung. KNPI mempunyai peran yang strategis dalam pembinaan pemuda dan regenerasi kepemimpinan di daerah," demikian Supriadi.