Pemilihan Ketua KNPI Kotim diharapkan tidak dinodai politik transaksional

id Pemilihan Ketua KNPI Kotim diharapkan tidak dinodai politik transaksional, kalteng, KNPI kotim, AMPI kotim, endra Rosana, Sampit, kotim, Kotawaringin

Pemilihan Ketua KNPI Kotim diharapkan tidak dinodai politik transaksional

Ketua DPD KNPI Kotawaringin Timur, Endra Rosana. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Endra Rosana menyerukan dan berharap pemilihan ketua baru tidak dinodai politik transaksional atau kecurangan lainnya. 

"Mari kita jaga harkat dan martabat organisasi kita. Musyawarah Daerah harus dilaksanakan sesuai aturan tanpa ada upaya-upaya kecurangan yang dapat merusak organisasi ini," ujar Endra di Sampit, Sabtu. 

Endra menyampaikan ajakan itu dalam pidatonya saat menghadiri seminar kewirausahaan pemuda. Acara yang digelar AMPI bersama KNPI Kotawaringin Timur itu dihadiri puluhan pemuda yang sebagian besar merupakan perwakilan dari organisasi kepemudaan (OKP) yang bernaung di bawah KNPI. 

Endra menyebut, ada empat kandidat yang diperkirakan akan bersaing dalam Musyawarah Daerah KNPI untuk memperebutkan kursi Ketua KNPI yang akan ditinggalkannya nanti saat purna tugas pada pertengahan Juli 2022.

Hal yang membuat Ketua KNPI Kotawaringin Timur dia periode itu prihatin karena dirinya mendengar isu yang kurang mengenakkan yakni terkait politik transaksional dalam penggalangan dukungan. Meski ini baru isu yang perlu pembuktian, namun menurutnya, isu itu harus disikapi sejak dini. 

Baca juga: Puluhan pemuda di Kotim dimotivasi berani berwirausaha

Dengan haru dan berlinang air mata, Endra mengajak seluruh OKP untuk menjaga marwah KNPI. Dia mengajak semua pihak bersaing secara sehat dalam memperebutkan Ketua KNPI saat Musyawarah Daerah nanti. 

Dia mewanti-wanti jangan sampai ada oknum yang bermaksud merusak KNPI melalui tindakan yang melanggar aturan. KNPI juga harus membentengi diri agar tidak mudah diintervensi pihak lain. 

"Jauhkan dari hal seperti itu. Kalau ada yang mencoba-coba melakukan pelanggaran aturan, saya akan berada di depan untuk menentangnya. Mari kita jaga harkat dan martabat KNPI," tegas Endra. 

Endra menambahkan, kandidat yang muncul dan maju mencalonkan diri diyakini mempunyai niat yang tulus untuk memajukan KNPI. Untuk itu pula semua pihak harus menjalankan cara-cara yang benar sesuai aturan, tanpa berpikir bertindak curang seperti melakukan politik transaksional, politik uang, intervensi maupun bentuk kecurangan lainnya. 

Baca juga: Warga Sampit temukan mayat bayi perempuan mengapung di Sungai Mentaya

Baca juga: Legislator Kotim minta pemkab perhatikan kenyamanan di lokasi bazar

Baca juga: Pemkab Kotim berharap dana bagi hasil sawit langsung dikucurkan ke kabupaten