Hal ini bisa bikin vitamin pada daging kurban menghilang

id daging kurban,hewan kurban,kesehatan hewan kurban,pengolahan daging kurban,pergizi,makanan

Hal ini bisa bikin vitamin pada daging kurban menghilang

Ilustrasi olahan daging kambing (ANTARA News/ Nanien Yuniar )

Daging itu sumber protein, sumber mineral, ada beberapa vitamin juga, kalau suhunya terlalu panas memasaknya berkali-kali vitaminnya hilang
Jakarta (ANTARA) - Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi) Prof Hardinsyah mengatakan pemanasan makanan olahan daging kurban yang dilakukan secara berulang hingga beberapa kali bisa menghilangkan kandungan vitamin yang terdapat pada daging.

"Daging itu sumber protein, sumber mineral, ada beberapa vitamin juga, kalau suhunya terlalu panas memasaknya berkali-kali vitaminnya hilang," kata Hardinsyah di Jakarta, Jumat.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor itu mencontohkan, olahan daging kurban yang dibuat soto daging untuk makan siang namun dipanaskan ketika sore dan malam hari bisa menghilangkan kandungan vitamin. Walaupun demikian, kandungan protein yang terdapat pada daging tidak akan hilang meski dimasak berulang.

Pengolahan daging kurban yang biasanya sering dilakukan oleh masyarakat adalah sate yang menurut Hardinsyah, olahan sate cukup melindungi kandungan gizi.

Baca juga: Mitos atau fakta gemar makan Torpedo-kambing tingkatkan gairah seksual

Namun dia mengingatkan agar tidak membakar sate hingga teramat lama dan membuat daging menjadi gosong berubah arang. Bagian gosong seperti arang pada daging tersebut merupakan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker.

Hardinsyah juga mengingatkan agar tidak mengolah daging kurban dengan kandungan garam yang tinggi untuk menghindari pemicu penyakit hipertensi. Dia juga mengemukakan agar masyarakat mengurangi pengolahan lemak pada daging kurban yang tidak baik bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan.

Dia menjelaskan hal yang harus diperhatikan pertama kali saat menerima daging kurban dengan mengecek kondisi kebersihan daging tersebut sebelum disimpan atau diolah.

Baca juga: Daftar makanan sehat untuk naikkan berat badan

Baca juga: Ini 8 makanan sehat untuk menaikkan berat badan