Legislator Kalteng dukung program peningkatan kualitas kesehatan perempuan

id Legislator Kalteng dukung program peningkatan kualitas kesehatan perempuan,DPRD Kalteng,Irawati,Sampit

Legislator Kalteng dukung program peningkatan kualitas kesehatan perempuan

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Irawati (paling kanan depan) berfoto dengan pengurus PKK serta Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri usai peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di ikon Jelawat Sampit, Jumat (13/9/2019). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Irawati mendukung pemerintah daerah menggalakkan program terkait peningkatan kesehatan kaum perempuan karena memang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Pemerintah daerah harus hadir dalam mendorong peningkatan kualitas kesehatan kaum perempuan di provinsi ini. Tidak hanya melalui program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, tetapi program lainnya," kata Irawati di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Jumat.

Politisi PDIP ini mengatakan, kaum perempuan Kalimantan Tengah memerlukan kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan untuk kaum perempuan. Pemerintah provinsi dan kabupaten kota diharapkan memberi kemudahan dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan.

Pemerintah daerah diharapkan terus memberi pemahaman dan kemudahan agar kepada kaum perempuan tidak terkendala dalam mengakses layanan kesehatan. Tidak hanya di kawasan perkotaan, perempuan di perdesaan atau pelosok juga memerlukan layanan kesehatan serupa.

Berbagai layanan kesehatan yang dibutuhkan seperti terkait program Keluarga Berencana, penyuluhan terkait kesehatan reproduksi, pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim dan program lainnya.

Sangat penting bagi kaum perempuan mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan karena mereka mempunyai peran penting yang berdampak terhadap kesehatan anggota keluarganya melalui sajian makanan maupun hal lainnya.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, kaum perempuan wajib memiliki pengetahuan tentang kesehatan sehingga bisa mengatur menu makanan demi peningkatan kualitas kesehatan suami dan anak-anak mereka.

Sebaliknya, Irawati juga mengimbau dan mengajak kaum perempuan untuk tangguh dan mandiri, termasuk dalam hal kesehatan. Kaum perempuan juga harus peduli terhadap kesehatan diri dan keluarganya.

"Perempuan harus peduli terhadap upaya-upaya pencegahan penyakit terhadap diri dan anggota keluarganya. Misalnya, perempuan harus berinisiatif rajin memeriksakan kondisi kesehatan mereka sehingga bisa menghindari dan mendeteksi secara dini potensi penyakit," ujar Irawati.

Politisi yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur mengajak perempuan Kalimantan Tengah meningkatkan peran melalui bidang masing-masing. Dia menilai perempuan di provinsi ini mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam mengembangkan potensi diri, termasuk jika harus bersaing dengan kaum laki-laki.