Stan Disdikbud Kobar promosikan hasil kerajinan pelajar

id Stan Disdikbud Kobar promosikan hasil kerajinan pelajar,Kobar Expo,Nurhidayah,Pangkalan Bun

Stan Disdikbud Kobar promosikan hasil kerajinan pelajar

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Kobar Kartono tengah melihat beberapa hasil kerajinan tangan siswa-siswi yang dipamerkan di stan Disdikbud di Kobar Expo 2019. ANTARA/Hendri Gunawan

Pangkalan Bun (ANTARA) - Stan milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah di arena Kobar Expo 2019, memberikan ruang kepada pelajar setempat untuk memamerkan serta memasarkan produk hasil kerajinan tangan mereka.

"Setiap harinya ada satu SMA dan satu SMP, serta dua SD. Kami juga memberi kesempatan satu gugus taman bermain atau taman kanak-kanak yang akan bergantian mengisi stan Disdikbud," kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Kotawaringin Barat Kartono saat dijumpai di lokasi Kobar Expo, Minggu malam.

Kartono menjelaskan, dalam gelaran Kobar Expo 2019 ini, Disdikbud Kotawaringin Barat memfasilitasi dan memberikan ruang bagi murid Taman Bermain hingga hingga Sekolah Menengah Atas untuk memamerkan dan memasarkan hasil kerajinan tangan dari sekolah masing-masing.

Langkah ini untuk memberi semangat kepada pelajar sehingga makin kreatif dalam mengembangkan bakat dan minat berwirausaha. Minat berwirausaha harus didukung dan disalurkan dengan baik agar mereka menjadi pengusaha-pengusaha sukses ketika dewasa.

Siti Hajar, salah satu siswi SMA Negeri 3 Pangkalan Bun yang mendapat giliran mengisi dan menjaga stan Disdikbud mengaku senang dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada sekolahnya.

"Melalui kegiatan ini, kami bisa memamerkan serta memasarkan hasil kerajinan tangan yang dibuat oleh siswa-siswi sekolah kami," ucap Siti Hajar.

Sekaligus, secara tidak langsung pihaknya juga dapat mempromosikan dan memberikan gambaran beberapa program kegiatan yang ada di sekolah tersebut kepada masyarakat atau para orangtua siswa yang anaknya akan naik ke jenjang Sekolah Menengah Atas pada tahun mendatang.

Sebelumnya, Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah mengatakan, kegiatan Kobar Expo merupakan wadah untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menampilkan produk-produknya.

Kegiatan tahunan ini juga menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat. Manfaat lainnya yakni membuka akses masyarakat untuk mendapatkan informasi program dan perkembangan pembangunan di Kotawaringin Barat melalui stan-stan milik satuan organisasi perangkat daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kotawaringin Barat Muhammad Yadi, selaku ketua panitia Kobar Expo 2019 mengatakan, kegiatan Kobar Expo bertujuan untuk meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam memberdayakan potensi daerah guna mendukung pembangunan daerah yang berdaya saing.

Kobar Expo juga sebagai wadah pertemuan antara investor, pelaku usaha serta pemerintah daerah selaku pemangku kebijakan, sehingga dapat menjadi sarana komunikasi yang memungkinkan terjadi terjadinya sinergi antara semua pihak.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar