DPRD Barsel nilai program TMMD meratakan pembangunan sampai ke pedesaan

id Kabupaten Barito Selatan,Barsel,Buntok,Wakil Ketua DPRD Barsel,Enung Irawati

DPRD Barsel nilai program TMMD meratakan pembangunan sampai ke pedesaan

Wakil ketua DPRD Barsel Enung Irawati.(ANTARA/HO-Foto Facebook Enung Irawati).

Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Enung Irawati menilai program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang dilaksanakan di wilayah setempat, merupakan upaya membantu pemerintah kabupaten melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pedesaan.

"Kami menyambut positif pelaksanaan program TMMD 106 ini, karena bisa menjadi bagian dalam pemerataan pembangunan di pedesaan," kata Enung di Buntok, Jumat.

Menurut dia, melalui program TMMD ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya dalam percepatan pembangunan di daerah ini. Selain itu juga, program TMMD ini sekaligus menjadi momentum memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Tidak bisa dipungkiri, pelaksanaan TMMD merupakan wujud nyata TNI dalam mengabdikan diri kepada rakyat sebagaimana motto TNI, dari rakyat untuk rakyat," singkat Enung.

Sementara itu, Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Tuwadi mengatakan sasaran kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Bintang Ara menuju ke Malungai Raya itu terdiri dari kegiatan fisik, dan non fisik selama 30 hari dari 2 Oktober hingga 31 Oktober 2019. 

Dia mengatakan selain kegiatan fisik, pihaknya juga melaksanakan kegiatan non fisik seperti pengobatan gratis, dan pelayanan KB, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan pertanian dan perkebunan, penyuluhan bela negara, serta penyuluhan Kamtibmas.

"Saat ini personel TNI bersama masyarakat sedang melaksanakan kegiatan pembukaan jalan dari Bintang Ara menuju Malungai Raya," kata Tuwadi.

Baca juga: Eddy Raya tinjau pengolahan air bersih di PDAM Tirta Barito

Selain membuka akses jalan lanjut dia, saat ini pihaknya juga sedang bergotong royong membangun musholla, dan mengecat gereja, serta melaksanakan kegiatan sosial lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut dalam upaya membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menyukseskan pembangunan nasional di daerah melalui pembangunan fisik maupun non fisik.

"Kami berharap apa yang kita laksanakan melalui kegiatan TMMD ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," demikian Tuwadi.

Baca juga: Dishub desak Kementerian PUPR laksanakan perbaikan fender Jembatan Kalahien

Baca juga: Hasil pilkades empat desa di Barito Selatan menuai masalah