PP Pemuda Muhammadiyah: Peningkatan SDM kunci pengentasan kemiskinan

id PP Pemuda Muhammadiyah,peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM),PP Pemuda Muhammadiyah: Peningkatan SDM kunci pengentasan kemiskinan

PP Pemuda Muhammadiyah: Peningkatan SDM kunci pengentasan kemiskinan

Pelantikan Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Kalteng di Palangka Raya, Sabtu (9/11).

Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah (PM) Sunanto mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dari berbagai sektor merupakan kunci utama upaya pengentasan kemiskinan dan kebodohan yang nasih ada di Indonesia.

"Untuk itu saya minta kader Pemuda Muhammadiyah terus meningkatkan kualitas yang menjadi bagian utama upaya pengentasan kemiskinan dan kebodohan," kata Sunanto di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut dia, kader Pemuda Muhammadiyah harus selalu meningkatkan kualitas diri sesuai posisi atau identitas yang selalu melekat dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah harapkan Jokowi-Ma'ruf stabilkan gejolak politik

"Mengasah kemampuan sesuai kondisi dan posisi baik kader yang merupakan akademisi,  pengusaha dan politisi maupun bidang lainnya. Kader yang memiliki latar belakang berbeda juga harus mampu berkolaborasi untuk menyukseskan tujuan organisasi demia kemajuan bangsa," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait acara pelantikan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Kalteng yang digelar Sabtu (9/11) sore di salah satu hotel di Palangka Raya.

"Komdisi masyarakat di Kalteng sangat plural, sehingga pemuda harus selalu jadi penengah. Selalu sampaikan dakwah yang membawa kesejukan, perdamaian, toleransi. Sampaikan dengan kelembutan karena Islam ialah agama yang membawa rahmad bagi seluruh alam," katanya.

Sunanto juga berpesan agar kader Pemuda Muhammadiyah di Kalteng menjalin berkolaborasi baik dengan organisasi lain maupun dengan pemerintah dalam rangka mewujudkan pembangunan yang adil dan merata.

Baca juga: Para pemuda di Kapuas soroti sejumlah permasalahan nasional

"Secara nasional peningkatan SDM menjadi titik tumpu maka perlu model baru dalam pengembangan itu karena zaman mulai berubah. Model-model itu perlu dicari sehingga semakin menarik dan tepat jika diaplikasikan pada kondisi generasi muda saat ini," katanya.

Dia pun berharap para kader PWPM Kalteng yang baru dilantik menjadi garda terdepan dalam menyukseskan program pembangunan di Provinsi berjuluk "Bumi Tambum Bungai, Bumi Pancasila," ini.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan keberadaan ormas kepemudaan salah satunya Pemuda Muhammadiyah sangat diperlukan dalam mengawasi dan menyukseskan pembangunan.

Untuk itu, dia meminta kader Pemuda Muhammadiyah semakin kreatif dan inovatif menyusun program kerja. Pihaknya pun siap berkolaborasi dalam membangun Kalimantan Tengah Bermartabat, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (BERKAH).

Baca juga: Priyono nahkodai Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalteng

Baca juga: Gubernur minta ormas turut tingkatkan kualitas SDM pemuda

Baca juga: Muswil Pemuda Muhammadiyah Kalteng bahas isu strategis