Pemerintah tak ingin terburu-buru hadirkan 5G, ini alasannya

id Kementerian Komunikasi dan Informatika, jaringan 5G,5G di Indonesia,Pemerintah tak ingin terburu-buru hadirkan 5G

Pemerintah tak ingin terburu-buru hadirkan 5G, ini alasannya

Ilustrasi 5G (Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan tidak ingin terburu-buru menghadirkan jaringan generasi terbaru 5G di Indonesia, namun ingin mengkaji secara menyeluruh termasuk soal permintaan dan penawaran.

"Tidak ada 5G kalau tidak siap serat optik. Bisa-bisa 4G rasa 3G, nanti 5G rasa 4G juga karena ketidaksiapan jumlah optik," kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, saat diskusi "Embarking 5G, A Pursuit to Digital Destiny" di Jakarta, Rabu.

Menurut Ismail, momen masuk ke pasar 5G harus tepat, salah satunya Indonesia harus menjadi tuan rumah saat 5G masuk, bukan hanya pasar.

"Jangan sampai kita hanya belanja, dimanfaatkan, tapi, tidak bisa jadi tuan rumah," kata Ismail.

Baca juga: Samsung luncurkan ponsel layar lipat dengan Snapdragon 855+

Pemerintah perlu membuat aturan untuk mendorong pengembang membuat perangkat keras, platform, konten maupun aplikasi yang memanfaatkan 5G.

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan mengenai 5G adalah soal permintaan dan penawaran serta ekosistem. Indonesia perlu menemukan model bisnis yang tepat untuk memasarkan 5G.

Ismail mencontohkan saat ini konsumen Indonesia cenderung membayar dalam paket bundel yang berisi koneksi dan layanan lainnya.

Indonesia perlu menemukan model bisnis yang inovatif agar 5G dapat mendukung program seperti pendidikan dan kesehatan.

Sementara dari segi regulasi, regulator perlu menemukan mekanisme untuk berbagi spektrum yang adil bagi operator seluler. Konsep ini dilakukan di negara lain untuk menekan biaya 5G.

Baca juga: China mulai siapkan riset untuk jaringan 6G

Pemerintah sedang menyiapkan kandidat spektrum yang akan dialokasikan untik jaringan 5G, diperkirakan akan menggunakan frekuensi 26GHz yang relatif kosong saat ini.

Konferensi internasional untuk telekomunikasi radio, World Radiocommunication Conference (WRC) 2019 di Mesir menetapkan frekuensi tambahan yang akan dipakai untuk jaringan 5G.

Dikutip dari laman International Telecommunication Union (ITU) News, lembaga PBB untuk teknologi informatika, WRC menetapkan rentang frekuensi tambahan yang akan digunakan untuk jaringan 5G, yaitu frekuensi 24,2 - 27,5GHz, 37 - 43,5GHz dan 45,5 - 47GHz.

WRC juga memasukkan frekuensi 47,2 - 48,2GHz dan 66-71GHz untuk jaringan 5G.

Baca juga: China secara otomatis menjadi negara dengan jaringan 5G terbesar di dunia

Baca juga: Apple segera buat tiga ponsel 5G

Baca juga: Huawei tunggu inisiatif pemerintah terkait penerapan 5G di ibu kota baru