KPU luncurkan maskot pemilihan Gubernur Kalteng

id kpu kalteng,luncurkan, maskot, pemilihan gubernur kalteng

KPU luncurkan maskot pemilihan Gubernur Kalteng

KPU Kalteng luncurkan maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 di Kota Palangka Raya, Rabu (4/12/2019) (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah resmi meluncurkan maskot dan jingle serta tagline pemilihan gubernur (Pilgub) 2020.

"Pada hari ini kita resmi meluncurkan Si Balanga sebagai maskot Pilgub Kalteng 2020 dengan tagline "Demokrasi Indah, Kalteng Batuah," kata Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Rabu.

Balanga sendiri berbentuk seperti guci besar berwarna jingga yang sedang tersenyum. Di tangan kiri ibu jari tercelup tinta sementara tangan kanan memegang surat suara bertuliskan hari pelaksanaan pemungutan suara Pilgub Kalteng 2020.

Di bagian atas dihiasi laung motif dayak dan sehelai bulu burung tinggang. Sementara di bawah tangan kiri terdapat kota suara.
Harmain menerangkan Si Balanga merupakan singkatan dari Siap, Bahalap, Lancar dan Ngabujuran yang mencerminkan siap melaksanakan pemilu yang baik, sukses, lurus/jujur dan adil.
 
KPU Kalteng luncurkan maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng tahun 2020 di Kota Palangka Raya, Rabu (4/12/2019) (ANTARA/Rendhik Andika)

Sementara untuk tagline "Demokrasi Indah" bermakna memberi penjelasan pada masyarakat secara verbal dan mengajak masyarakat Kalimantan Tengah untuk menyemarakkan Pilgub Kalteng 2020 dengan tertib dan damai.

Sementara "Kalteng Batuah" bermakna dengan ikut andilnya masyarakat Kalteng dalam Pilgub Kalteng 2020. Kalimat Kalteng Batuah juga sebagai wujud doa agar Kalimantan Tengah selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

"Maskot, tagline dan jingle ini berhasil ditetapkan dari pemenang sayembara yang digelar KPU Kalteng. Melalui momen hari ini juga hadiah bagi para pemenang sayembara diserahkan," katanya.

Turut hadir dalam acara peluncuran itu Komisioner KPU RI, Hasyim Ashari, jajaran komisioner KPU Kalteng dan KPU kabupaten/kota se-Kalteng serta sejumlah tokoh masyarakat di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu.

Turut hadir pula unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Bupati Barito Utara Nadalsyah dan Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah, perwakilan partai politik, mahasiswa dan pelajar di Kota Palangka Raya.

Komisioner KPU RI, Hasyim Ashari mengatakan, untuk menciptakan pemilu yang sukses maka perlu dukungan dan kolaborasi serta keterlibatan seluruh pihak terkait.

Baca juga: Nadalsyah apresiasi peluncuran maskot pemilihan Gubernur Kalteng

"KPU memang penyelenggara utama pemilihan gubernur. Namun demikian sesungguhnya yang terlibat dalam penyelenggara tidak hanya itu. Karena itu, saya berharap seluruh elemen masyarakat di Kalteng dapat berperan aktif menyukseskan Pilgub 2020 dengan memastikan diri masuk daftar pemilih dan menggunakan hak pilih sesuai hati nurani," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar