Kobar raih persentase tertinggi TLHP BPK RI regional Kalteng

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten kotawaringin barat,kobar,kobar raih penghargaan,penghargaan kobar

Kobar raih persentase tertinggi TLHP BPK RI regional Kalteng

Inspektur Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Suparji bersama Pimpinan BPK Kalteng serta Inspektur se-Kalteng di sela penutupan kegiatan Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK di Aula BPK Perwakilan Kalteng, Palangka Raya, Rabu (4/12/2019). (ANTARA/H-O Inspektorat Kobar)

Pangkalan Bun, Kobar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat meraih persentase tertinggi untuk regional Kalimantan Tengah, dalam penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) .

Persentase poin yang diberikan BPK RI dalam menyelesaikan TLHP sebesar 99,43 persen, naik 0,29 persen dibandingkan tahun 2019 dan menjadi tertinggi di provinsi ini, kata Inspektur Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Suparji di Pangkalan Bun, Kamis.

"Capaian prestasi itu disampaikan Kepala Perwakilan BPK Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan Lukman Hakim selaku Kepala Subauditorat Kalteng II di Aula BPK Kalteng, Rabu (4/12/2019)," tambahnya.

Baca juga: Tahun 2022 Pemkab Kobar targetkan seluruh desa teraliri listrik

Dikatakan, penyelesaian TLHP BPK mulai tahun 2019 lalu sudah menggunakan Aplikasi berbasis internet, sehingga mempercepat penyelesaian TLHP tanpa menunggu Rakor persemester.

Suparji pun mengapresiasi kerjasama OPD di Kobar dalam penyelesaian TLHP BPK. Sebab, prestasi itu bisa dicapai berkat komitmen bersama tiap-tiap OPD dalam menyelesaikan TLHP BPK serta berkat dukung Bupati Kobar.

"Saya berharap semoga semua pihak dapat terus menjaga upaya dan komitmen terhadap penyelesaian TLHP BPK. Itu penting karena sebagai bentuk akuntabilitas Pemkab Kobar yang juga berpengaruh terhadap opini laporan keuangan Pemkab," demikian Suparji.

Perlu diketahui bahwa BPK RI setiap tahun selalu melaksanakan pemantauan untuk melihat sejauh mana penyelesaian TLHP BPK yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Pemantauan TLHP BPK Semester II tahun 2019 dilaksanakan dari tanggal 2-4 Desember 2019 di Aula BPK RI Perwakilan Kalteng di Palangka Raya.

Baca juga: Penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2019 buah kekompakan masyarakat Kobar

Baca juga: Bupati Kobar apresiasi tablig akbar UAS berjalan lancar

Baca juga: Nurhidayah terima penghargaan Bupati Entrepreneur Award 2019