Bupati Barito Timur ingatkan tujuan pembentukan BUMDes

id Bupati Barito Timur ingatkan tujuan pembentukan BUMDes,Bartim,Ampera,Ekonomi

Bupati Barito Timur ingatkan tujuan pembentukan BUMDes

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memberikan sambutan dan arahan saat peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mart Karya Mandiri di Desa Rodok Kecamatan Dusun Tengah, Kamis (19/12/2019). ANTARA/HO-Istimewa

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengingatkan kembali tujuan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yakni bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi pendapatan desa itu sendiri.



 



 



"Tujuan dibentuknya BUMDes ada empat yakni meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa," kata Ampera AY Mebas di sela peresmian BUMDes Mart Karya Mandiri di Desa Rodok Kecamatan Dusun Tengah.



Ampera mengajak seluruh pemerintahan desa berinovasi dalam membangun desa serta berinovasi memajukan perekonomian masyarakat di wilayah perdesaan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada dan juga pembentukan BUMDes.



Ditambahkan Ampera, BUMDes Karya Mandiri merupakan salah satu proyek percontohan agar pemerintah desa lainnya  membentuk BUMDes untuk menjalankan usaha yang sama sesuai dengan potensi masing-masing.



Ampera juga meminta agar pengelola BUMDes Karya Mandiri menerapkan konsep dua harga agar tidak mematikan warung milik masyarakat ataupun toko di sekitarnya dengan cara menjual harga setara dengan toko-toko lainnya.



"Apakah sebagai pedagang partai atau setidaknya sama dengan toko-toko lainnya," kata Ampera lagi.



Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Timur Hudaya HS mengapresiasi terbentuknya BUMDes Mart Karya Mandiri karena akan menjadi ikon pertumbuhan ekonomi dan pembangunan desa.



Pendirian dan pengelolaan BUMDes merupakan wujud pengelolaan ekonomi produksi desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, transparan dan akuntabel.



"Untuk itu, perlu keseriusan dalam pengelolaan BUMDes hingga mampu menjadi aktif secara mandiri, efektif, efisien dan profesional," kata Mantan Kepala Inspektorat itu.



Hudaya menambahkan, berdirinya BUMDes Mart Karya Mandiri diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat, meningkatkan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan desa dan  menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa itu sendiri.



Hudaya menilai, BUMDes Mart Karya Mandiri merupakan usaha bersama niaga berbentuk mini market yang sangat potensial untuk dikembangkan karena menjual kebutuhan keseharian warga dan  untuk menjual produk unggulan desa.



"Saya meyakini BumDes Mart ini akan maju dengan pesat jika dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional," kata pria yang pernah jadi Camat Patangkep Tutui itu.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar