BPBD Kotim ingatkan masyarakat waspadai angin kencang dan banjir

id BPBD Kotim ingatkan masyarakat waspadai angin kencang dan banjir,Pemkab Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Kotim

BPBD Kotim ingatkan masyarakat waspadai angin kencang dan banjir

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur Agus Mulyadi menyampaikan materi saat Musrenbang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Senin (13/1/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengingatkan masyarakat mewaspadai angin kencang dan banjir yang rawan terjadi saat musim hujan ini.

"Potensi bencana yang rawan saat ini adalah angin kencang dan banjir. Makanya kami mengingatkan seluruh masyarakat untuk mewaspadainya," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotawaringin Timur Agus Mulyadi di Sampit, Senin.

Harapan itu disampaikan Agus saat mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Kegiatan ini dihadiri perwakilan satuan organisasi perangkat daerah, lurah, kepala desa dan tokoh masyarakat.

Agus menjelaskan, potensi angin puting beliung saat terjadi hujan deras, harus diwaspadai. Beberapa pekan terakhir, angin kencang membuat beberapa pohon besar di Sampit tumbang ke badan jalan.

Saat hujan deras disertai angin kencang terjadi pada 27 Desember 2019 lalu, dua pohon besar di Kota Sampit, tumbang akibat dihantam angin kencang, yakni di Jalan S Parman dan HM Arsyad.

Pohon tumbang ke badan jalan sempat mengganggu arus lalu lintas. Petugas gabungan pun dengan cepat menangani dengan memotong-motong batang dan dahan pohon, kemudian membersihkan dari jalan sehingga lalu lintas kembali lancar.

Jumat (10/1) sore, sebuah pohon di Jalan Pelita juga tumbang ke badan jalan saat Sampit dilanda hujan deras dan angin kencang. Selain kencangnya angin, kondisi tanah yang menjadi labil akibat diguyur hujan deras, diduga juga menjadi pemicu.

Sementara itu, berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sejak Desember sampai Juni masuk musim penghujan. Puncak hujan diperkirakan terjadi Februari dan Maret sehingga harus diwaspadai karena rawan banjir.

Baca juga: Badan Kesbangpol Kotim tingkatkan sosialisasi dorong peningkatan partisipasi pemilih

BPBD Kotawaringin Timur bahkan sudah menyatakan status waspada banjir sejak 18 Desember 2019. Kepala desa dan lurah diminta melaporkan kejadian di wilayahnya setiap saat.

Pemerintah desa bisa menganggarkan dana untuk pencegahan dan penanggulangan bencana. Kewaspadaan dini sangat diperlukan agar bisa bergerak cepat membantu warga yang membutuhkan pertolongan saat terjadi bencana.

Agus mengatakan, secara umum kondisi Kotawaringin Timur masih aman dan hingga kini belum ada laporan terjadi banjir. Memang sempat ada laporan dari Kecamatan Parenggean terkait ancaman banjir di salah satu desa setempat, namun rendaman yang terjadi tersebut surut hanya dalam hitungan jam.

Kotawaringin Timur termasuk daerah rawan bencana. Untuk itu masyarakat juga harus selalu waspada agar jika terjadi bencana maka dampak buruknya bisa dicegah dan ditanggulangi dengan cepat.

"Tahun 2020 ini kemarau diperkirakan terjadi pada awal Juli sampai November. Makanya mulai sekarang siap-siap menghadapi ancaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan, dan kekeringan. Peralatan dan kemampuan personel harus diperhatikan," demikian Agus.

Baca juga: Peserta CPNS Kotim terkendala karena tidak teliti

Baca juga: Alokasi dana kelurahan di Kotim naik signifikan