Dua mantan Wagub Kalteng ungkap harapannya terhadap kepala daerah selanjutnya

id Pilkada kalteng, pilgub, pilkada 2020, pemilu serentak, kalteng, kalimantan tengah, wagub kalteng, nahson tawai, elieser gerson, palangka raya, sdm, s

Dua mantan Wagub Kalteng ungkap harapannya terhadap kepala daerah selanjutnya

Wakil Gubernur Kalteng periode 1996-1999 Elieser Gerson dan Wakil Gubernur Kalteng periode 2000-2005 Nahson Taway. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Dua mantan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Elieser Gerson dan Nahson Taway memiliki sejumlah harapan, terhadap sosok kepala daerah yang nantinya akan terpilih pada pilkada tahun 2020 mendatang.

"Siapa pun yang terpilih nantinya, agar bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kalteng, sehingga tidak kalah bersaing dengan masyarakat luar," kata Elieser Gerson di Palangka Raya, Selasa.

Ia meyakini apabila kualitas SDM Kalteng terus ditingkatkan dan menjadi unggul, maka perkembangan pembangunan di daerah akan semakin pesat dan bisa dipacu lebih cepat lagi. Terlebih sumber daya alam (SDA) yang Kalteng miliki sangat melimpah.

Untuk itu seorang pemimpin di zaman sekarang harus bisa memanfaatkan hal tersebut, jangan hanya bisa mengeruk hasil alamnya saja, namun tidak diimbangi dengan pengembangan dan peningkatan kualitas SDM.

"Pemanfaatan SDA secara optimal, harus dibarengi peningkatan SDM yang maksimal. Hal itu harus bisa dilakukan sejak saat ini," tuturnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalteng periode 2000-2005 Nahson Taway menjelaskan, pembangunan yang telah terlaksana saat ini sudah cukup baik.

Hanya saja pelaksanaan pembangunan, harus disertai upaya menjaga kebhinekaan dengan baik. Sebab berkembangnya perekonomian di daerah, tentunya didukung keamanan dan toleransi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.

"Pemenuhan kebutuhan pendidikan pun harus dilakukan dengan baik, sehingga tercipta generasi penerus yang maju dan berdaya saing," ungkapnya.

Dirinya meyakini jika SDM yang dimiliki berkualitas, serta pelaksanaan pembangunan berjalan sesuai keinginan dan harapan bersama, maka Kalteng akan menjadi daerah maju dan tak kalah bersaing dengan daerah lainnya.

Ia juga berpesan, dirinya tidak mau dilibatkan dalam polemik masalah politik atau pemilihan kepala daerah yang dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan.

Saran-saran tersebut diberikan agar kepala daerah yang terpilih nantinya, dapat menggunakan berbagai masukan dari para pendahulunya untuk membangun Kalteng lebih baik lagi.

"Kalau saran kami didengar syukur, kalau tidak didengar juga tidak apa-apa, yang jelas apa yang diperbuat para pemimpin semuanya untuk daerah dan masyarakat Kalteng," terang Nahson Taway yang juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Palangka Raya periode 1993-1998 tersebut.

Adapun sejumlah nama yang diperkirakan bakal bersaing pada Pilkada Kalteng tahun 2020, baik sebagai calon gubernur maupun wakil gubernur, diantaranya Sugianto Sabran, Nadalsyah, Riban Satia, Abdul Razak, Ben Brahim, Sigit K Yunianto, Habib Ismail bin Yahya dan beberapa lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar