Pelaku UMKM disiapkan stan gratis di pasar expo MTQ Kalteng

id Pelaku UMKM disiapkan stan gratis di pasar expo MTQ Kalteng,Musabaqah Tilawatil wlquran,Buntok

Pelaku UMKM disiapkan stan gratis di pasar expo MTQ Kalteng

Sekretaris Daerah Barito Selatan Edy Purwanto saat memimpin rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Buntok, Rabu (5/2/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan menggratiskan satu stan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di pasar expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-30 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Buntok pada 21-26 Maret 2020.

"Saya sudah berjanji untuk menggratiskan satu tenda bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada pasar expo Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi nanti," kata Sekretaris Daerah Barito Selatan Edy Purwanto saat memimpin rapat persiapan MTQ tingkat provinsi di Buntok, Rabu.

Menurut dia, hal itu dilakukan agar pelaku UMKM di bawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Barito Selatan bisa mempromosikan berbagai produk makanan olahan dan kerajinan mereka.

Momen MTQ tingkat provinsi merupakan salah satu sarana yang tepat bagi pelaku UMKM memperkenalkan produk khas daerah, sebab kegiatan itu dihadiri ribuan peserta dan pendamping dari 13 daerah di Kalimantan Tengah.

Pelaku UMKM nantinya akan bisa menjual berbagai produk makanan olahan, kerajinan dan produk unggulan lainnya khas kabupaten ini, supaya pendapatan para pedagang khususnya UMKM bisa lebih meningkat lagi.

Selain itu Edy Purwanto juga menyampaikan, untuk persiapan MTQ yang akan dipusatkan di Stadion Batuah Buntok pada 21 hingga 26 Maret 2020 mendatang, hingga saat ini sudah mencapai 60 persen. Bahkan dari sisi pendanaannya kata dia, sudah tersedia pada kas daerah, tinggal disalurkan kepada panitia masing-masing bidang.

Desain panggung dan lainnya sedang dalam tahap pengerjaan yang dilaksanakan event organizer (EO) dari Banjarmasin Kalimantan Selatan yang bekerjasama dengan penyedia jasa dari Buntok.

Edy Purwanto menargetkan, semua persiapan sudah rampung dikerjakan 100 persen paling lambat seminggu sebelum acara pembukaan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tersebut berlangsung.

Edy Purwanto juga menegaskan pada saat pelaksanaan MTQ nanti, pihaknya tidak memberikan izin wahana hiburan seperti tong edan di Stadion Batuah Buntok. Sarana yang ada hanya pasar expo.

Jika ada wahana hiburan seperti tong edan di lokasi itu dikhawatirkan membuat kebisingan yang dapat mengganggu peserta yang sedang mengikuti lomba.

"Kita berharap kegiatan MTQ ke-30 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah nantinya bisa berjalan dengan aman, lancar dan sukses," demikian Edy Purwanto.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar