Jalan sudah mulus, Kesadaran tertib berlalu lintas harus ditingkatkan

id kalimantan tengah,kalteng,kabupaten gunung mas,gumas,dprd kabupaten gunung mas,dprd gumas, Nomi Aprilia

Jalan sudah mulus, Kesadaran tertib berlalu lintas harus ditingkatkan

Legislator Gumas Nomi Aprilia menunjukkan ruas jalan Palangka Raya – Kuala Kurun di Kecamatan Kurun yang sudah mulus beraspal, baru-baru ini. ANTARA/HO – DPRD Kabupaten Gumas

Kuala Kurun, Gunung Mas (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Nomi Aprilia mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada di kabupaten setempat agar lebih meningkatkan kesadaran dalam tertib berlalu lintas di jalan raya.

"Saat ini sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Gumas sudah beraspal. Saya harap kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas juga semakin meningkat," kata Nomi saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Menurut dia, tertib berlalu lintas harus dilakukan guna menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat menimbulkan korban nyawa, baik bagi pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lain.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mengajak masyarakat untuk mentaati berbagai aturan dalam berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan.

“Mari kita mulai dari hal yang sederhana namun penting, seperti menggunakan helm sesuai Standar Nasional Indonesia, dan menggunakan sabuk keselamatan,” papar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Kemudian selalu mentaati rambu-rambu lalu lintas, tidak mengoperasikan telepon seluler saat mengendarai kendaraan bermotor, tidak melawan arus, tidak mengemudi dalam keadaan mabuk, dan beberapa lainnya.

Baca juga: DPRD Gumas minta Pemprov awasi kualitas pengerjaan jalan

“Jika memang harus mengoperasikan ponsel, lebih baik pengendara berhenti dulu di tempat yang aman, supaya konsentrasi tidak terpecah dan menghindari terjadinya laka lantas,” kata dia.

Nomi juga mengingatkan kepada orangtua agar tidak membiarkan anak-anak mereka yang masih di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor, karena sangat berbahaya bagi keselamatan si anak maupun pengguna jalan lain.

Lebih lanjut, dia mengajak masyarakat untuk menjaga berbagai rambu lalu lintas yang telah dipasang oleh pemerintah. Jangan sampai rambu yang telah terpasang hilang atau dicorat coret.

“Selain rambu lalu lintas, jajaran Polres Gumas juga memasang baleho yang berisi imbauan tertib berlalu lintas serta peringatan. Itu semua harus kita jaga karena sangat bermanfaat bagi pengguna jalan,” demikian Nomi.

Baca juga: Perangkat daerah Gumas diminta gencar sosialisasikan program pemerintah

Baca juga: Pentingnya koordinasi agar DD 2019 dapat dicairkan, kata Legislator Gumas