Marc Marquez tunjukan penampilan maksimal di Sepang

id Marc Marquez,Sepang,Malaysia

Marc Marquez tunjukan penampilan maksimal di Sepang

Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjalani tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (9/2/2020). (ANTARA/Ho-hondaracingcorporation.com)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan MotoGP Marc Marquez belum menunjukkan penampilan maksimalnya pada tes pramusim Sepang, Malaysia, di kala dia masih memulihkan diri pasca operasi bahu.

Memanfaatkan waktu yang ada tanpa memaksa bahunya bekerja keras, Marquez menyelesaikan 47 putaran pada hari ketiga dan terakhir tes, Minggu, menguji motor RC213V versi 2020, dengan waktu terbaik 1:58,772, terpaut setengah detik dari pebalap tim Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo yang memuncaki sesi

Hari itu, Marquez finis peringkat ke-12 dan sempat terjatuh pada tikungan terakhir sirkuit Sepang namun tak menambah parah cedera yang dia alami.

"Aku menyelesaikan hari ini dengan perasaan senang karena pagi ini kami memiliki ritme yang bagus dan aku berusaha keras hari ini," kata sang pebalap Spanyol seperti dikutip laman resmi tim Repsol Honda.

"Aku mengalami kecelakaan kecil di Tikungan 15, tapi itu karena kondisi fisik. Bagus bisa tahu di mana batasannya, tentunya akan lebih baik jika aku tak jatuh tapi aku tidak apa-apa setelah itu.

"Hari ini aku menjalani 47 putaran lagi, tapi dengan ritme yang berbeda. Aku mencoba beberapa hal tapi masih harus diperbaiki lagi... tapi kecepatan kami bagus."

Sementara rekan satu timnya, Alex Marquez mengalami kemajuan ang konstan dan pebalap rookie itu perlahan-lahan memperbaiki catatan waktunya.

Sang adik memangkas waktu hingga setengah detik dari waktu terbaiknya dan mencatatkan waktu 1:59,042 untuk menjadi pebalap rookie tercepat mengungguli Brad Binder dari tim KTM.

"Secara umum perasaannya lebih baik, kami lebih cepat dan lebih baik. Itu adalah hal terpenting," kata Alex. "Ada tiga hari tes pramusim tersisa sebelum GP Qatar tapi kami semakin dekat setiap harinya."

"Kami masih perlu mempelajari lagi tapi setiap kali berkendara, pengetahuanku bertambah dan aku sangat senang dengan semua yang telah kami raih. Di Qatar tujuan kami adalah terus memahami setup dari motorku dan di berbagai kondisi."

Selama tiga hari di Sepang, Repsol Honda Team menjalani total 284 putaran, 153 di antaranya diciptakan Alex. Sedangkan Cal Crutchlow dari tim LCR Honda, menjadi pebalap Honda tercepat, menempel Quartararo pada peringkat dua.

Para pebalap dan tim akan jeda sejenak sebelum mengikuti tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar pada 22-24 Februari sebagai persiapan terakhir menuju seri pembuka yang digelar di lokasi yang sama pada 8 Maret nanti.