Ketua PKK Gumas: Setiap Februari dan Agustus balita harus mendapat vitamin A

id Mimie Mariatie Jaya S Monong,Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas,Setiap Februari dan Agustus balita harus mendapat vitamin A,Ketua PKK Gumas,posyandu

Ketua PKK Gumas: Setiap Februari dan Agustus balita harus mendapat vitamin A

Ketua TP PKK Kabupaten Gumas Mimie Mariatie Jaya S Monong (tengah) saat memberi kapsul vitamin A kepada balita di Posyandu Permata Bunda, di Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Senin (17/2/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Mimie Mariatie Jaya S Monong mengingatkan orangtua agar membawa anak bawah lima tahun ke fasilitas kesehatan, guna mendapat kapsul vitamin A.

“Setiap bulan Februari dan Agustus balita harus mendapat kapsul vitamin A. Para orangtua harap membawa anak mereka ke pusat kesehatan masyarakat atau pos pelayanan terpadu,” kata Mimie saat mengunjungi TK Matahari Bunda, di Kuala Kurun, Senin.

Dia menjelaskan, masa balita merupakan masa yang paling penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa ini diperlukan vitamin A dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: PKK kecamatan hingga desa/kelurahan di Gumas diminta turut atasi stunting

Balita, lanjut dia, harus mendapat vitamin A karena baik untuk kesehatan mata, bisa mengurangi risiko kelainan atau penyakit pada mata, serta mencegah kerusakan mata dan kebutaan.

Vitamin A berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak, diare, dan infeksi saluran pencernaan akut, serta bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan.

“Vitamin A banyak ditemukan pada wortel, pepaya, susu, dan lainnya. Namun dapat juga diperoleh pada kapsul vitamin A yang tersedia di posyandu atau puskesmas,” bebernya.

Dikatakan, kapsul vitamin A terdiri dari dua jenis, yakni biru dan merah. Kapsul biru diberikan untuk bayi usia enam hingga 11 bulan, sedangkan kapsul merah diberikan untuk balita usia 12 – 59 bulan dan ibu nifas.

Baca juga: Ketua PKK Gumas ajak masyarakat manfaatkan pekarangan dengan menanam sayur

“Jadi bukan hanya balita yang perlu mengkonsumsi kapsul vitamin A, ibu yang sedang dalam masa nifas atau setelah bersalin juga perlu mengkonsumsi yakni jenis kapsul merah. Vitamin A juga baik bagi untuk ibu hamil dan menyusui,” paparnya.

Dengan rutin mengkonsumsi kapsul vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus, diharapkan nantinya anak-anak di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau menjadi anak-anak yang sehat, cerdas, dan kuat.

Saat kunjungan ke TK Matahari Bunda, Mimie didampingi oleh Wakil Ketua IV TP PKK Kabupaten Gumas Maria Efianti, Sekretaris Sri Yuniaty, Ketua Pokja I Meli Nathan, Ketua Pokja II Serie Aswin, Ketua Pokja IV Lawine Alang, dan beberapa anggota lainnya.

Rombongan juga mengunjungi Kelompok Bermain dan Posyandu Permata Bunda, serta Posyandu Mawar yang terletak di RT 09 Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun. Dalam kunjungan tersebut, rombongan TP PKK Kabupaten Gumas memastikan program vitamin A berjalan dengan baik.

Baca juga: Ketua TP PKK Gumas tekankan pentingnya tertib administrasi

Baca juga: Ketua TP PKK Gumas: Lebih baik berikan balita APE daripada gadget

Baca juga: Peningkatan konsumsi ikan harus dimulai dari keluarga

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar