Peserta Sampit Expo wajib gandeng pelaku UMKM

id Peserta Sampit Expo wajib gandeng pelaku UMKM,Sampit Expo,Pemkab Kotim,Bupati Kotim,Supian Hadi ,Kotim,Kotawaringin Timur,UMKM

Peserta Sampit Expo wajib gandeng pelaku UMKM

Bupati H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri membeli produk yang dihasilkan pelaku UMKM lokal, beberapa waktu lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Supian Hadi mewajibkan seluruh satuan organisasi perangkat daerah wajib menggandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk dilibatkan di stan masing-masing pada Sampit Expo 2020 ini.

"Tahun 2019 saya lihat memang itu berkurang, makanya tahun ini kami mewajibkan setiap SOPD menggandeng pelaku UMKM seperti 2018 lalu. Jangan pula pelaku UMKM dibebani biaya. Kalau bisa malah SOPD membantu pelaku UMKM," kata Supian di Sampit, Minggu.

Sampit Expo merupakan agenda tahunan sebagai rangkaian peringatan hari ulang tahun Kabupaten Kotawaringin Timur. Tahun ini Sampit Expo rencananya digelar di Stadion 29 November Sampit pada 21 sampai 28 Maret 2020.

Supian mengatakan, Sampit Expo merupakan salah satu upaya pemerintah daerah mempromosikan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan dengan pelaku UMKM sebagai tumpuan. Untuk itu sudah seharusnya stan pameran milik instansi pemerintah juga tetap melibatkan pelaku UMKM.

Melalui event tahunan ini, pemerintah memperkenalkan produk UMKM sekaligus memfasilitasi pelaku UMKM bertemu dengan pembeli, bahkan menjalin kerjasama bisnis yang lebih luas dengan pembeli dari luar daerah.

Sangat disayangkan jika tujuan ini tidak tercapai dan hanya didominasi pameran pembangunan. Supian ingin Sampit Expo menjadi wadah informasi bagi pemerintah daerah, sekaligus media promosi bagi pelaku UMKM.

Baca juga: Polres Kotim tangkap pria membawa sampah berisi tiga ons sabu-sabu

Sektor UMKM tidak hanya mampu menggerakkan ekonomi kerakyatan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya mendukung peningkatan sektor pariwisata. Hal ini sesuai tekad pemerintah daerah menjadikan Kotawaringin Timur sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah.

Supian juga meminta panitia dan event organizer tidak membebani pelaku UMKM dengan berbagai kewajiban jika ikut berpartisipasi di ajang Sampit Expo. Event ini diharapkan membawa manfaat besar, khususnya bagi pelaku UMKM.

"Bantu UMKM untuk bangkit dan maju. Bantu mereka mengembangkan usahanya sehingga bisa mandiri. Kita dorong pelaku UMKM lebih kreatif, termasuk dalam hal kemasan sehingga bisa bersaing dengan produk dari luar daerah," kata Supian.

Sampit Expo tahun ini akan kembali digelar di kompleks Stadion 29 November Sampit. Saat ini pemerintah daerah juga sedang membangun arena Sampit Expo permanen di area seberang stadion tersebut dan diharapkan bisa digunakan mulai tahun depan.

Baca juga: Jadi tuan rumah, Kotim targetkan juara umum FASI Kalteng

Baca juga: Seorang warga dicurigai terpapar corona, RSUD Murjani sebut hasilnya negatif