Iswanti tertarik kembangkan festival durian di Seruyan

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, festival durian, wabup seruyan, iswanti, pandeglang, banten, pariwisata, objek wisata

Iswanti tertarik kembangkan festival durian di Seruyan

Wakil Bupati Seruyan Iswanti memasak makanan berbahan baku durian pada Festival Durian Mutiara Cerita Pandeglang, di Kecamatan Cerita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu, (23/2/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Iswanti menghadiri Festival Durian Mutiara Cerita Pandeglang, Banten, yakni sebuah festival makanan durian yang bertujuan menarik wisatawan datang berkunjung.

"Kegiatan ini bisa kami adopsi dan kembangkan di Seruyan, sebab potensi duriannya juga cukup melimpah pada sejumlah daerah," katanya saat dihubungi dari Kuala Pembuang, Senin.

Iswanti meyakini, masyarakat di Seruyan mampu mengolah makanan berbahan baku dari durian dan mengembangkannya. Jika mampu direalisasikan dan difasilitasi, maka wisatawan akan semakin banyak yang tertarik dan datang berkunjung.

Banyaknya durian yang dihasilkan kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring saat ini, belum diimbangi dengan pemasaran yang maksimal. Sehingga cukup banyak dari buah yang dipanen, diolah menjadi tempuyak.

"Saya harapkan potensi ini bisa kami kelola dengan baik, agar pada akhirnya mampu memberikan dampak positif berupa peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut Iswanti menuturkan, selain durian masih banyak bahan baku lainnya di Seruyan yang potensial dikembangkan, seperti halnya ikan. Seruyan memiliki sumber daya ikan yang sangat melimpah, baik ikan sungai maupun laut.

Dengan bahan baku tersebut, bisa dibuat kuliner khas Seruyan untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata. Sebab yang dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah, tak hanya objek wisatanya saja, namun juga kuliner khas yang tidak ada di daerah lain.

"Kami akan terus mendorong pengembangan sektor pariwisata yang ada di Seruyan, melalui berbagai inovasi yang memungkinkan untuk dikembangkan," kata Iswanti.

Sementara itu pada festival yang ia hadiri tersebut, sejumlah rangkaian acara dilaksanakan, mulai dari lomba belah durian, pesta makan durian dan memasak bersama. Sejumlah masakan yang dibuat dari durian, seperti ikan gurame saus durian, sambal durian, kopi cemplung durian, durian bakar hingga aneka kolak durian.